Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Pengetahuan Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account Twitter @WRPdiet)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh electronic word of mouth terhadap pengetahuan konsumen; (2) pengaruh electronic word of mouth terhadap Keputusan Konsumen; (3) pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi electronic word of mouth, pengetahuan konsumen dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah followers pada account twitter @WRPdiet yang pernah menggunakan produk WRP. Sampel sebanyak 116 orang responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (Path analysis) menunjukkan bahwa: (1) variabel electronic word of mouth (X) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel pengetahuan konsumen (Y1); (2) Variabel electronic word of mouth (X) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y2); (3) Variabel pengetahuan konsumen (Y1) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2). Dengan demikian, WRP harus lebih aktif mengupdate keunggulan produk serta berinteraksi dengan konsumen untuk memicu electronic word of mouth.