Pengaruh Green Marketing terhadap Brand Image dan Struktur Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account Twitter @PertamaxIND Pengguna Bahan Bakar Ramah Lingkungan Pertamax Series)

Main Author: Romadon, Yusuf
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116577/1/051406818.pdf
http://repository.ub.ac.id/116577/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh green marketing terhadap brand image; (2) Pengaruh green marketing terhadap struktur keputusan pembelian; dan (3) Pengaruh brand image terhadap struktur keputusan pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden yang merupakan followers account Twitter @PertamaxIND pengguna bahan bakar ramah lingkungan Pertamax series. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Green marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap brand image (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,570 dan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05); (2) Green marketing (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur keputusan pembelian (Y2), koefisien jalur sebesar 0,141 dan signifikansi sebesar 0,133 (p>0,05); (3) Brand image (Y1) berpengaruh signifikan terhadap struktur keputusan pembelian (Y2) dengan koefisien jalur sebesar 0,471 dan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Disarankan agar PT. Pertamina dapat meningkatkan penerapan strategi green marketing yang ada, tidak hanya melalui green product dan green pricing saja, terlebih melalui promotion dan distribution yang berwawasan lingkungan, serta meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen sehingga akan terbentuk citra merek yang positif yang kemudian menjadi pertimbangan konsumen untuk memutuskan pembelian bahan bakar ramah lingkungan Pertamax series.