Skenario Kemitraan Pt. Pos Indonesia Dengan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dalam Meningkatkan Inovasi Dan Daya Saing (Studi di Kantor Pos Ponorogo 63400 dengan Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UK

Main Author: Satriawan, FandyAkbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116556/1/SKRIPSI._FIA._FANDY_AKBAR_S._105030500111040.pdf
http://repository.ub.ac.id/116556/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya potensi yang dimiliki Kantor Pos Ponorogo 63400 yang sangat menarik untuk diteliti. Bersamaan dengan itu, UKM di Kabupaten Ponorogo juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Potensi keduanya dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah inovasi melalui skenario kemitraan dalam hal pemasaran produk UKM. Berhubungan dengan hal itu, potensi yang dimiliki Kantor Pos Ponorogo 63400 diantaranya adalah kepercayaan (trust) dari masyarakat luas dan jaringan (networking) yang menjangkau seluruh Wilayah Nusantara. Sementara potensi yang dimiliki UKM di Kabupaten Ponorogo diantaranya adalah memiliki jumlah pelaku UKM yang cukup banyak, melimpahnya produksi dan kualitas produk UKM yang cukup baik. Pada penelitian ini menggunakan scenario planning sebagai alat untuk membuat skenario dalam perancangan kemitraan antara Kantor Pos Ponorogo 63400 dengan UKM di Kabupaten Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses pembuatan kerjasama yang dirancang menggunakan scenario planning . Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan skenario kemitraan antara Kantor Pos Ponorogo 63400 dengan UKM di Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan tahapan scenario planning dari Lindgren dan Bandhold serta menganalisis faktor pendorong dan penghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan ini sangat mungkin untuk diwujudkan, dimana inti dari kemitraan ini adalah bahwa Kantor Pos Ponorogo 63400 dan UKM menjalin kerjasama dalam memasarkan produk UKM. Kantor Pos Ponorogo 63400 memiliki jaringan yang luas dan letak kantor yang sangat strategis. Skenario awal kemitraan dirancang dan dimuali dari Kantor Pos Ponorogo 63400 yang memberikan penawaran proposal kepada Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo untuk mendapatkan pesetujuan. Setelah tawaran proposal tersebut dipelajari, kemudian Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo memeriksa kesiapan UKM dan menyetujui tawaran proposal tersebut, maka Kantor Pos Ponorogo 63400 memberikan draf Perjanjian Kerjasama untuk mendapatkan persetujuan dari Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo. Setelah mendapatkan persetujuan, maka Kantor Pos Ponorogo 63400 mengirimkan Perjanjian Kerjasama ke Kantor Pos Area (Surabaya) untuk ditandatangani oleh Kepala Kantor Pos Area (Surabaya) dan Kepala Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo. Setelah rancangan awal skenario disusun, maka tahap selanjutnya adalah rancangan pelaksanaan skenario. Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo memberikan rekomendasi produk UKM berdasarkan kriteria yang telah disepakati bersama. Kemudian produk UKM tersebut dikirimkan ke Kantor Pos Ponorogo 63400 untuk dipasarkan dengan menggunakan dua strategi pemasaran, yaitu secara offline dan online . Pemasaran secara offline dilakukan dengan cara: menyediakan showroom untuk menampilkan produk UKM Kabupaten Ponorogo, menyiapkan jaringan pengiriman produk UKM dengan menggunakan jasa pos, menyediakan sarana sebagai pusat informasi dan promosi UKM di Kabupaten Ponorogo. Adapun pemasaran secara online dilakukan dengan cara: menyiapkan website Pos sebagai sarana promosi UKM, menyiapkan database produk UKM di Kabupaten Ponorogo dan menyiapkan jaringan dengan kantor pos lain di seluruh Indonesia secara online. Faktor pendorong dalam mencapai skenario kemitraan adalah bahwa masing-masing pihak memiliki kesamaan tujuan untuk meningkatkan inovasi dan daya saing. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kekhawatiran terhadap lemahnya komitmen dan tanggungjawab dari masing-masing pihak untuk membuat skenario kemitraan. Adapun saran penelitian adalah dengan mengintegrasikan Kantor Pos dengan UKM di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan membentuk jaringan pemasaran di seluruh Indonesia, pihak-pihak yang terkait harus berkomitmen penuh dalam melaksanakan detail-detail perjanjian kerjasama dengan sebaik mungkin, dan Kantor Pos sebaiknya lebih terbuka dalam memberikan izin dan data penelitian.