Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem dan Prosedur Pengajuan Pembayaran Klaim Asuransi Kebakaran (studi pada PT Asuransi Wahana Tata Jakarta)

Main Author: Permana, HendyDwipta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116551/1/051406677.pdf
http://repository.ub.ac.id/116551/
Daftar Isi:
  • Penduduk yang tersebar tidak merata menjadi salah satu permasalahan di Indonesia. Jumlah penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya tidak sebanding dengan luas wilayah kota besar yang ada di Indonesia. Bangunan-bangunan yang berhimpitan dan kurangnya sirkulasi udara pada bangunan kerap kali terlihat di kota besar. Hal ini menyebabkan resiko kebakaran menjadi semakin meningkat. Kebakaran yang mungkin terjadi menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Melihat fenomena tersebut PT Asuransi Wahana Tata Jakarta memutuskan untuk melahirkan produk asuransi kebakaran. Asuransi kebakaran bertujuan untuk menjamin kerugian atau kerusakkan atas harta benda yang disebabkan oleh kebakaran. Dalam kegiatannya, terdapat beberapa aktivitas yang cukup rawan akan penyimpangan sehingga diperlukan pengendalian intern yang baik. Objek penelitian ini adalah PT Asuransi Wahana Tata Jakarta. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Data primer di dapat secara langsung tanpa melalui perantara. Data sekunder melalui website. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur terhadap pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran, serta untuk mengetahui pengendalian intern terhadap sistem dan prosedur pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran pada PT Asuransi Wahana Tata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta/keadaan, fenomena yang terjadi ketika penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian intern pada sistem dan prosedur pengajuan pembayaran klaim asuransi kebakaran di PT Asuransi Wahana Tata Jakarta telah terlaksana dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kelemahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Pengendalian intern pada sistem dan prosedur pengajuan klaim asuransi kebakaran pada PT Asuransi Wahana Tata perlu diperbaiki untuk meminimalisir terjadinya kerugian bagi perusahaan. Namun, pengendalian tidak dapat memberikan jaminan mutlak terhadap harta perusahaan tidak akan diselewengkan. Demikian juga terhadap tingkat ketelitian informasi yang dihasilkan tidak sepenuhnya mutlak.