Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Stradivaris Galaxy Mall Surabaya)
Main Author: | Kosyu, DayangAsning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116544/1/051406585.pdf http://repository.ub.ac.id/116544/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle; (2) Pengaruh hedonic shopping motives terhadap impulse buying; dan (3) Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang merupakan pelanggan Stradivarius Galaxy Mall Surabya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan hedonic shopping motives (X) terhadap shopping lifesstyle (Y1) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,402 dan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05); (2) terdapat pengaruh hedonic shopping motives terhadap impulse buying (Y2) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,228 dan signifikansi sebesar 0,014 (p<0,05); (3) terdapat pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying (Y3) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,311 dan signifikansi 0,001(p<0,05). Disarankan agar Stradivarius dapat memanfaatkan motivasi hedon yang dimiliki pelanggan agar kedepannya dengan gaya hidup berbelanja tersebut, Stradivarius dapat lebih meningkatkan penjualan melalui penawaran yang menarik, serta lebih berinovasi dalam hal menemukan peluang pasar yang akan dituju. Menarik perhatian pelanggan harus menjadi tujuan utama manajemen Stradivarius di dalam persaingan bisnis ritel di Indonesia khususnya.