ctrlnum 116507
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/116507/</relation><title>Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)</title><creator>Mudhalifah, Siti</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang adalah organisasi publik yang berperan penting dalam penyelenggaraan layanan kependudukan di Kabupaten Malang. Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat. Untuk membantu berbagai pekerjaan mengenai pendaftaran kependudukan yang sesuai dengan berbagai standar yang diperlukan maka pemerintah membuat suatu sistem baru yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi sistem informasi administrasi kependudukan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh interview guide, file note, dan alat tulis. Metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dapat dikatakan baik, karena mekanisme pelaksanaan pelayanannya sudah jelas dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pelaksanaan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan. Saran yang direkomendasikan adalah agar pihak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang khususnya bidang administrasi kependudukan terus melakukan pengembangan sumber dayamanusia serta sarana dan prasaran penunjang layanan kependudukan</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/1/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/2/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/3/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/4/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/5/COVER-DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/6/BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116507/8/BAB_V.pdf</identifier><identifier> Mudhalifah, Siti (2014) Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2014/401/051406292</relation><recordID>116507</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mudhalifah, Siti
title Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)
publishDate 2014
topic 351 Public administration
url http://repository.ub.ac.id/116507/1/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/2/LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/3/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/4/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/5/COVER-DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/6/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/7/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/8/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/116507/
contents Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang adalah organisasi publik yang berperan penting dalam penyelenggaraan layanan kependudukan di Kabupaten Malang. Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melayani masyarakat. Untuk membantu berbagai pekerjaan mengenai pendaftaran kependudukan yang sesuai dengan berbagai standar yang diperlukan maka pemerintah membuat suatu sistem baru yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi sistem informasi administrasi kependudukan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh interview guide, file note, dan alat tulis. Metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dapat dikatakan baik, karena mekanisme pelaksanaan pelayanannya sudah jelas dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pelaksanaan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan. Saran yang direkomendasikan adalah agar pihak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang khususnya bidang administrasi kependudukan terus melakukan pengembangan sumber dayamanusia serta sarana dan prasaran penunjang layanan kependudukan
id IOS4666.116507
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T04:06:31Z
last_indexed 2021-10-28T07:06:32Z
recordtype dc
_version_ 1751455453535010816
score 17.538404