Pengaruh Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang Mengkonsumsi
Main Author: | Kusumaningtyas, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116463/1/SKRIPSI_FIX.pdf http://repository.ub.ac.id/116463/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Iklan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan iklan yang telah diterapkan di beberapa negara, yaitu iklan es krim Magnum versi Magnum Infinity . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2010/2011 yang pernah melihat iklan Magnum versi Magnum Infinity di televisi dan pernah mengkonsumsi es krim Magnum. Sampel pada penelitian ini sebanyak 72 orang responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling aksidental ( accidental sampling ). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (< α 0,05). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,568 atau 56,8%, artinya bahwa kontribusi secara bersama-sama variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan terhadap variabel Keputusan Pembelian sebesar 56,8%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi t variabel Struktur Pesan (X 2 ) sebesar 0,000 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Format Pesan sebesar (X 3 ) 0,021 (< α 0,05), nilai signifikansi t variabel Sumber Pesan (X 4 ) sebesar 0,020 (< α 0,05). Nilai Signifikansi t variabel Isi Pesan (X 1 ) sebesar 0,412 (> α 0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Isi Pesan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Struktur Pesan (X 2 ) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien Beta sebesar 0,447