Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 20lIl20l2 Universitas Brawijaya Malang yang Beralih Merek ke Smartphone Samsung)
Main Author: | Wijaya, YoniServika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116462/1/051405487.pdf http://repository.ub.ac.id/116462/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan perpindahan merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 orang responden yaitu mahasiswa yang beralih merek ke smartphone Samsung. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara bersamasama dan pengaruh secara parsial antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk yang terdiri dari Harga (X1), Kualitas (X2), Merek (X3), Fitur (X4), dan Desain (X5) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 24,517 dan probabilitas 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) sebesar 0,506 atau 50,6% sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Harga (X1), Kualitas (X2), Merek (X3), Fitur (X4), dan Desain (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Harga (X1) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,270. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel yang terdapat dalam Atribut Produk secara bersama-sama maupun secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Variabel Harga (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek.