Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 (Studi Pada Kantor Pe
Main Author: | Dewi, AgniesyaOktavialiCitra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116455/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/116455/ |
ctrlnum |
116455 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/116455/</relation><title>Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 (Studi Pada Kantor Pe</title><creator>Dewi, AgniesyaOktavialiCitra</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Penelitian ini dilandasi atas dasar kebutuhan akan pengakuan hak atas tanah yang berupa kepemilikan sertifikat tanah. Sebagai upaya tindak lanjut pemerintah berinisiatif melakukan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menonjolkan efektifitas dan ekonomis untuk kepemilikan hak atas tanah. Atas dasar ini disusun program PRONA, suatu program sertifikat tanah massal bersubsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi rendah. Metode penelitian ini mPenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis proses pelayanan PRONA, kualitas pelayanan pendaftaran tanah secara massal melalui PRONA, dan faktor pendukung serta faktor penghambat pelayanan PRONA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa pelayanan sertifikat PRONA yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang telah memenuhi seluruh unsur-unsur pelayanana yang berkualitas. Peneliti menyimpulkan bahwa pelayanan pendafataran tanah secara massal melalui PRONA di Desa Mulyoagung dapat dikatakan berkualitas. Hal ini didukung dengan kemampuan pegawai yang dimiliki oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, sarana dan prasarana serta waktu penyelesaian sertifikat dalam satu tahun anggaran dan dukungan dari Masyarakat Desa Mulyoagung. Sedangakan keterbatasan jumlah SDM khususnya bidang pengukuran, Terbatasnya fasilitas akomodasi, keterlambatan pencairan anggaran PRONA, dan lamanya waktu pengumpulan data yuridis merupakan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pelayanan pendaftaran tanah melalui PRONA di Kabupaten Malang. Berdasarkan adanya permaslaahan yang timbul dalam pelayanan PRONA maka peneliti memberikan saran anatara lain perlu diadakan penyuluhan yang lebih intensif terhadap masyarakat peserta PRONA, menambah aparatur khususnya dibidang pengukuran dan perlu diadakan diklat mengenai perkembangan agrarian.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116455/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Dewi, AgniesyaOktavialiCitra (2014) Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 (Studi Pada Kantor Pe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2014/354/051405480</relation><recordID>116455</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dewi, AgniesyaOktavialiCitra |
title |
Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 (Studi Pada Kantor Pe |
publishDate |
2014 |
topic |
351 Public administration |
url |
http://repository.ub.ac.id/116455/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/116455/ |
contents |
Penelitian ini dilandasi atas dasar kebutuhan akan pengakuan hak atas tanah yang berupa kepemilikan sertifikat tanah. Sebagai upaya tindak lanjut pemerintah berinisiatif melakukan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menonjolkan efektifitas dan ekonomis untuk kepemilikan hak atas tanah. Atas dasar ini disusun program PRONA, suatu program sertifikat tanah massal bersubsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi rendah. Metode penelitian ini mPenggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis proses pelayanan PRONA, kualitas pelayanan pendaftaran tanah secara massal melalui PRONA, dan faktor pendukung serta faktor penghambat pelayanan PRONA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa pelayanan sertifikat PRONA yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang telah memenuhi seluruh unsur-unsur pelayanana yang berkualitas. Peneliti menyimpulkan bahwa pelayanan pendafataran tanah secara massal melalui PRONA di Desa Mulyoagung dapat dikatakan berkualitas. Hal ini didukung dengan kemampuan pegawai yang dimiliki oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, sarana dan prasarana serta waktu penyelesaian sertifikat dalam satu tahun anggaran dan dukungan dari Masyarakat Desa Mulyoagung. Sedangakan keterbatasan jumlah SDM khususnya bidang pengukuran, Terbatasnya fasilitas akomodasi, keterlambatan pencairan anggaran PRONA, dan lamanya waktu pengumpulan data yuridis merupakan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pelayanan pendaftaran tanah melalui PRONA di Kabupaten Malang. Berdasarkan adanya permaslaahan yang timbul dalam pelayanan PRONA maka peneliti memberikan saran anatara lain perlu diadakan penyuluhan yang lebih intensif terhadap masyarakat peserta PRONA, menambah aparatur khususnya dibidang pengukuran dan perlu diadakan diklat mengenai perkembangan agrarian. |
id |
IOS4666.116455 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-22T04:06:31Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:06:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455453751017472 |
score |
17.538404 |