Pengaruh dari Persepsi risiko, Persepsi kemudahan Dan Persepsi manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Pada Pelanggan Situs www.Kaskus.co.id)

Main Author: Suhir, Moch
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116419/1/051401732.pdf
http://repository.ub.ac.id/116419/
Daftar Isi:
  • Pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan sebuah pemikiran baru bagi pelaku bisnis, terutama dalam mengatasi rintangan ruang dan waktu yang selama ini menjadi masalah pada sistem penjualan secara konvensional. Kehadiran teknologi internet yang memberi manfaat komunikasi tanpa batasan membuat pengguna internet akan mudah dalam memperbesar jaringan pemasaran sebuah produk. Penggunaan internet tidak hanya di gunakan untuk mencari informasi, komunikasi global, dan publikasi, tetapi juga digunakan sebagai sarana transaksi ekonomi yang lebih di kenal dengan eCommerce. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengaruh dari Persepsi risiko, Persepsi kemudahan Dan Persepsi manfaat bersamasama maupun sendiri-sendiri serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan Website kaskus.co.id . Adapun Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk (X 1 ), Persepsi risiko, (X 2 ) Persepsi kemudahan, dan (X 3 ) Persepsi manfaat. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian Online (Y). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar secara Online menggunakan google.docs kepada 82 responden yang merupakan pelanggan di Website kaskus.co.id . Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0 for windows. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan karena penelitian ini lebih dari dua variabel, dengan menggunakan uji F, uji t, dan uji R 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel Persepsi risiko, Persepsi kemudahan Dan Persepsi manfaat secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian online . Dari perhitungan SPSS 13.0 untuk uji F diketahui bahwa F hitung = 31,096 > F tabel 2,717 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Secara sendiri-sendiri diketahui Persepsi risiko, Persepsi kemudahan Dan Persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online . Selain uji F dan uji t, uji R 2 diketahui nilai R Square sebesar 0,545 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 54,5%