Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan ( Studi Di Kantor Kepala Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk )

Main Author: Purnamasari, SeftyYuli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116416/1/SKRIPSI_SEFTY_YULI_PURNAMASARI_%28105030104111018%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/116416/
Daftar Isi:
  • Kinerja Aparatur memang peranan penting dalam fungsi pelayanan. tingkat kinerja dibagi menjadi tiga yaitu kinerja individu, kinerja proses dan kinerja organisasi. Beberapa jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh mayarakat dalam hal ini adalah antara lain surat Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan juga surat keterangan kelahiran dan kematian. Permasalahan yang dapat di ambil yaitu tentang Bagaimanakah kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk dan Apa saja yang menjadi kendala dan pendukung dalam pelaksanaan kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Godean dan apa saja yang menjadi kendala dan pendukung Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kepala Desa Godean. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif Penelitian ini mengambil fokus yang Pertama: Kuantitas jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan, Kualitas mutu yang dihasilkan (baik atau buruknya) dan Ketepatan waktu yaitu tindakannya dengan waktu yang direncanakan. Kedua: Proses Pelaksanaan Pelayanan Kependudukan yang meliputi Prosedur Pelayanan, Waktu Pelayanan, Biaya Pelayanan dan Sarana dan Prasarana. Ketiga : Hasil Pelayanan Administrasi Kependudukan : Jenis Pelayanan yang diberikan, Tingkat Kepercayaan Masyarakat dan Akurasi / Ketepatan. Keempat : Kendala dan Pendukung Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Adapun lokasi situs penelitian di Ruang Kepada Desa, Ruang Sekretaris Kepala Desa, Seluruh Ruang Kepala Seksi dan Ruang data / arsip-arsip. Sumber data primer diperoleh dari wawancara, dokumen-dokumen, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelayanan administrasi kependudukan di kantor kepala desa godean, kecamatan loceret, kabupaten nganjuk sudah baik hal ini dapat dilihat dari kuantitas pekerjaan aparatur pemerintah desa dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kualitas layanan aparatur pemerintah desa sudah baik hal ini dibuktikan dengan efisiensi dan kepuasan masyarakat dalam memohon layanan administrasi kependudukan. Pekerjaan yang diselesaikan aparatur pemerintah desa dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang telah direncakanan atau yang tercantum dalam aturan. Terdapat 3 pendukung yaitu sarana dan prasarana, Lingkungan kerja yang nyaman dan adanya kerjasama antar perangkat. Terdapat 3 penghambat yaitu tentang kurangnya penggunakan IT yang handal, Kurangnya koordinasi lapangan antara RT dan RW dan kualitas pendidikan perangkat desa. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, saran untuk meningkatkan kinerja perangkat desa yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan administrasi desa melalui pemberian pelatihan, keterampilan sebagai pembentukan tenaga-tenaga administrasi bagi desa yang tidak hanya handal dalam menjalankan tugas-tugas yang bersifat rutin tetapi juga bisa mrnjadi penggerak suatu pembangunan desa.