Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena saat ini terjadi masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan, situasi persaingan bisnis yang semakin ketat, bentukbentuk pemasaran yang semakin bervariasi. Permasalahan dalam skripsi ini : Bagaimana menganalisis biaya pemasaran menurut jenis produk dan daerah pemasaran pada PT. Pangan Lestari Finna Malang pada periode tahun 2012? Bagaimana gambaran informasi yang dihasilkan dalam analisis biaya pemasaran yang digunakan untuk pengendalian biaya komersial perusahaan? Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Kota Malang dengan situs penelitian pada PT Pangan Lestari Finna. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain penulis sendiri, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa hasil dari analisis pengeluaran biaya pemasaran berkaitan dengan pengendalian biaya komersial, semakin banyak produk yang terjual maka semakin besar pula biaya yang dikeluarkan perusahaan. Jenis produk yang paling menghasilkan laba tertinggi dan yang menyerap biaya paling besar adalah produk krupuk udang finna classic dengan laba yang dihasilkan sebesar Rp.171.309.936 dengan biaya pemasaran sebesar Rp.141.231.954. Produk yang semakin sedikit menyerap biaya pemasaran maka tingkat laba yang dihasilkan akan semakin sedikit juga, jenis produk yang menghasilkan laba terendah ada pada produk PA mantou pandan dengan laba yang dihasilkan sebesar Rp. 23.175.732 dengan biaya pemasaran sebesar Rp.18.233.233. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah daerah yang tidak memiliki potensi untuk penjualan suatu produk harusnya lebih diperhatikan lagi, antara lebih meningkatkan lagi biaya pemasarannya pada daerah tersebut atau mengakhiri hubungan dengan daerah tersebut dalam arti mengakhiri penjualan produk yang kurang memberikan keuntungan, misalkan pada daerah Pasuruan jenis produk PA mantou pandan yang memberikan kontribusi laba terkecil dan biaya terkecil, harusnya perusahaan dapat menemukan solusi produk yang tepat untuk dijual di Pasuruan, dengan tidak lagi menjual produk PA mantou pandan pada daerah tersebut.