“Pengaruh Pesan Iklan Online Shop Terhadap Minat Pembelian Pelanggan ” (Studi Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia.Com)
Main Author: | Zen, Ella Raisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1164/1/Ella%20Raisa%20Zen.pdf http://repository.ub.ac.id/1164/ |
Daftar Isi:
- Individu dalam asumsi teori Elaboration Likelihood Model (ELM) memproses pesan persuasif seperti iklan dengan dua rute yang berbeda yaitu rute sentral dan rute periferal. Melalui rute sentral individu menilai sebuah pesan secara mendalam, hati-hati dan dengan pemikiran yang kritis, namun pada situasi lain melalui rute periferal individu menilai pesan tanpa mempertimbangkan argumen yang mendasari isi pesan tersebut (Petty dan Cacioppo dalam Littlejohn, 2002). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik pesan iklan terhadap minat beli konsumen dalam menggunakan jasa Tokopedia.com. ELM digunakan untuk mengukur proses penerimaan pesan pada individu melalui rute periferal dan rute sentral. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data kuantitatif. Bentuk eksperimen yang dipilih adalah posttest only control group design yang dibagi menjadi dua kelompok sampling yaitu: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (kelompok yang diberi treatment berupa tayangan iklan Tokopedia.com). Hasil uji hipotesis independent sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan kognitif antara sampling eksperimen dan sampling kontrol terhadap minat beli. Hasil uji t variabel minat beli menunjukkan nilai t hitung untuk equal variances assumed (ragam yang sama) sebesar 2,817 dan nilai sig.t sebesar 0,007, karena nilai sig.t (0,007) < α = 5%, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan dalam Elaboration Likelihood Model iklan Tokopedia.com diproses melalui rute sentral dan rute periferal memiliki pengaruh terhadap minat beli dalam menggunakan jasa Tokopedia.com.