Performance Analysis in The Service of Work Accident Insurance Program (A Case Study at the Social Security Agency Employment Branch of Malang)

Main Author: Zuhad, ShofiFairuz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 1900
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116381/1/shofi_fairuz_zuhad_-_105030100121013.pdf
http://repository.ub.ac.id/116381/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar ditemukannya beberapa kasus pada tenaga kerja nasional yang telah menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Kasus yang ditemukan adalah ketidakpahaman peserta terhadap program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang diikuti, sehingga seringkali peserta tidak memanfaatkan fasilitas jaminan yang didapatkan. Penyebab yang lain yaitu kinerja pegawai yang masih perlu mendapatkan evaluasi dalam penyelesaian pekerjaannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dengan pendekatan kualitatif - deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari narasumber yang terdiri dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang, karyawan, dan tenaga kerja peserta sebagai pengguna layanan. Data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari arsip-arsip BPJS Ketenagakerjaan Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 41 orang dengan menggunakan pedoman wawancara sebagai acuan. Lokasi wawancara berada di BPJS Ketenagakerjaan Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program ini BPJS Ketenagakerjaan belum sepenuhnya mencapai target, hal ini dikarenakan rendahnya sosialisasi terhadap perusahaan yang belum tergabung sebagai peserta. Hal lain yang ditemukan yaitu terbatasnya jumlah trauma center atau rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga pelayanan cepat terhadap kecelakaan kerja kurang optimal. Hendaknya ada peningkatan sosialisasi kepada perusahaan demi tercapainya penanggulangan resiko kecelakaan kerja pada tenaga kerja. Di samping itu tetap diperlukan adanya peningkatan kemampuan dan keterampilan pegawai BPJS Ketenagakerjaan Malang yang sesuai dengan kompetensi pelayanan yang dipertanggungjawabkan kepadanya dan tersedianya sarana dan prasarana pelayanan sesuai dengan jenis dan bentuk pelayanan.Sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebaiknya meningkatkan kapasitas kerjasama yang menyangkut pemberian pelayanan terhadap peserta dalam kecelakaan kerja agar kinerja organisasi dapat maksimal.