Analisis Cost Volume Profit Sebagai Dasar Perencanaan Penetapan Harga Jual Dan Perencanaan Laba Yang Diharapkan (Studi Pada Perusahaan Sumber Agung Kec. Sukun Kota Malang periode 2013)

Main Author: Arizal, MFatqurrodji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116374/1/SKRIPSI%2C_M._FATQURRODJI_ARIZAL%2C_105030207111059.pdf
http://repository.ub.ac.id/116374/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada perusahaan kopi Sumber Agung mengenai pengelolaan biaya yang belum tepat dan belum pernah melakukan Analisis Cost Volume Profit. Biaya yang dialokasikan pada setiap produk masih memberatkan salah satu produk. Perusahaan agar dapat laba optimal perlu melakukan pengelolaan biaya yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Analisis Cost Volume Profit hubungan antara biaya, volume, dan laba sebagai dasar perencanaan harga jual dan laba yang diharapkan tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian adalah data sekunder berupa dokumen-dokumen meliputi data mengenai gambaran umum perusahaan dan laporan keuangan perusahaan kopi Sumber Agung selama tiga tahun (2011-2013). Berdasarkan analisis yang dilakukan, pada tahun 2013 total biaya tetap Rp. 407.219.093,15, dan total biaya variabel sebesar Rp. 1.558.782.963,00. Pada tahun 2014, dasar perencanaan harga jual dan laba yang diharapkan adalah tingkat kenaikan nilai harga jual dan laba dari tahun 2011-2013 maka perencanaan harga jual per kilogram tahun 2014 sebesar Rp. 19.000 pada produk kopi bubuk, Rp. 28.000 pada produk kopi ovenan dan laba yang diharapkan sebesar Rp. 434.564.198,86. Upaya untuk memperoleh laba yang optimal dilakukan dengan cara menerapkan Analisis Cost Volume Profit karena mampu memberikan mengelolan hubungan antara biaya, volume, dan laba secara tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk mencapai laba yang diharapkan volume yang harus dicapai oleh perusahaan adalah sebesar Rp. 2.451.866.903,27 atau 114.405,99 Kg yang terdiri dari 83.500,09 Kg kopi bubuk, 30.905,90 Kg kopi ovenan.