Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toyota Auto 2000 Jl. Letjend Sutoyo No. 25, Malang)

Main Author: Vellayati, TriAkbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116280/1/Skripsi_Tri_Akbar_Vellayati_%28105030203111009%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/116280/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan strategi marketing public relations sebagai salah satu strategi yang telah diterapkan oleh beberapa perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan citra perusahaan. Marketing public relations merupakan suatu kegiatan pemasaran yang terencana dan dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan sebuah hubungan yang baik dan pengertian yang timbal balik antara sebuah perusahaan dan masyarakat. Hal tersebut dibangun melalui pengkomunikasian informasi yang kredibel, kesan-kesan yang dapat menghubungkan perusahaan, produk, dengan kebutuhan serta perhatian pelanggan. Oleh karena itu, Toyota Auto2000 sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia, perlu menerapkan strategi marketing public relations untuk meningkatkan citra perusahaan dan loyalitas pelanggan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh marketing public relations yang terdiri dari variabel publikasi, events, sponsorship, berita, pidato, kegiatan sosial, dan media identitas terhadap citra perusahaan Toyota, serta untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra perusahaan Toyota terhadap loyalitas pelanggan Toyota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengkuantifikasi data dan melakukan generalisasi atas hasil yang didapatkan dari sampel yang mewakili populasi yang sedang diteliti. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis path. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dari marketing public relations yang berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan Toyota adalah publikasi, sponsorship, berita, pidato, dan media identitas dibuktikan dengan nilai probabilitas <0,05, sedangkan event dan kegiatan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan Toyota dibuktikan dengan nilai probabilitas >0,05. Citra perusahaan Toyota berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toyota, dibuktikan dengan nilai probabilitas < 0,05.