Pelaksanaan Program Inovasi Samsat Corner Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kepada Wajib Pajak (Studi pada SAMSAT Corner Kota Malang)
Main Author: | Fitranti, PramitaDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116248/1/lengkap.pdf http://repository.ub.ac.id/116248/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa masyarakat selalu menuntut pelayanan yang berkualitas dari pemerintah, meskipun terkadang tuntutan tersebut sering tidak sesuai dengan harapan yang ada. Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas diperlukan adanya perubahan dalam melaksanakan pelayanan publik, salah satu upayanya adalah dengan memperbaiki sistem dan prosedur layanan melalui berbagai macam program inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Lembaga birokrasi Kantor Bersama SAMSAT merupakan bentuk dari kerjasama antara tiga instansi yakni Kepolisian, Dipenda dan Jasa Raharja yang telah menerbitkan program layanan inovasi yang berorientasi kepada masyarakat, khususnya kepada Wajib Pajak yaitu Program inovasi SAMSAT Corner yang memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik yang sesuai dengan keinginan masyarakat adanya pelayanan yang transparan, akuntabel , cepat , tepat, efektif dan efisien serta mempermudah para Wajib Pajak dalam pembayaran pajak. Penelitian dilakukan di SAMSAT Corner Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi, menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena dan menginterpretasikan data secara sistematis yang dilengkapi pemaparan data tabel-tabel untuk mempermudah analisis. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Pelaksanaan Program Inovasi SAMSAT Corner yang meliputi tujuan program, persyaratan pendaftaran, biaya pelayanan, jenis pelayanan, prosedur pelayanan, jadwal pelayanan dan jumlah penerimaan dokumen Wajib Pajak yang diperoleh dari program inovasi SAMSAT Corner (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program SAMSAT Corner. Faktor pendukung yang mencangkup sarana dan prasarana, koordinasi antar pegawai, dan sosialisasi program inovasi SAMSAT Corner. Faktor penghambat yang mencangkup jumlah pegawai yang tersedia, dan kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program inovasi SAMSAT Corner sesuai dengan Kepmenpan No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman pelayanan publik yang isinya menjelaskan tentang standar dalam pelayanan publik. Selain itu pelaksanaan program inovasi SAMSAT Corner dinilai tidak hanya dapat meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak, namun juga meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam pembangunan daerah. Adapun inovasi sektor publik perlu untuk dikembangkan lagi terutama didalam pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.