Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Sepeda Motor Honda pada Dealer PT. Nusantara Surya Sakti, Malang)

Main Author: Hamidi, Arsyad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116191/1/PENGARUH_EKUITAS_MEREK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116191/
Daftar Isi:
  • Sepeda motor merupakan alat transportasi favorit masyarakat Indonesia dari segala kalangan. Ekuitas Merek mempengaruhi pilihan seseorang untuk membeli sepeda motor. Penelitian ini memiliki latar belakang ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan membeli sepeda motor merek Honda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel ekuitas merek ang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas yang dirasakan, dan loyalitas merek baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi di Dealer resmi Honda PT. Nusantara Surya Sakti cabang Malang Kota yang beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta D-510 Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 134 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvariabel bebas meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 35.080 dengan probabilitas Fhitung sebesar 0.000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 52,1%, sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri ketiga variabel bebas yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Kualitas yang Dirasakan (X3) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara variabel ekuitas merek yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) baik secara bersamasama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Saran yang diberikan dari peneliti, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkecimpung di bidang otomotif dalam menciptakan merek yang unggul agar lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang lebih baik dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.