Strategi Pengembangan Wisata Pantai Watu Karung Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Main Author: Wardhani, Hanna Rizka Aji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11618/
Daftar Isi:
  • UNCLOS (1982) menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri atas 19.108 pulau dengan luas laut kedaulatan 3,1 juta juta km2 dan luas laut ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) sekitar 2,7 juta km2. Kondisi tersebut menawarkan potensi serta keuntungan bagi Indonesia dalam upaya pengembangan dan pembangunan menjadi lebih maju dengan syarat pengelolaan yang baik. Salah satu pengembangan potensi perairan yang dapat dikembangkan adalah sektor pariwisata. Sayangnya, pengembangan sektor pariwisata belum dilakukan secara maksimal di banyak wilayah di Indonesia. Hanya beberapa wilayah seperti Bali dan Raja Ampat yang sudah berkembang menjadi tujuan pariwisata yang terkenal di Indonesia. Sedangkan sektor pariwisata di daerah lain belum berkembang, salah satunya adalah Pantai Watu Karung di Kabupaten Pacitan. Pantai Watu Karung memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Indonesia, yaitu adanya 2 surfing spot yang muncul secara bersamaan. Selain itu, pantai ini memiliki karang-karang laut yang indah juga pantai dengan pasir putih yang bersih. Kurangnya pengelolaan dan pengembangan pantai ini menjadikan pantai ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu profil wisata Pantai Watu Karung, mengetahui dan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan wisata Pantai Watu Karung serta menyusun strategi dalam mengembangkan wisata Pantai Watu Karung. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan Analisa SWOT, yang merupakan suatu pendekatan yang menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Metode pengambilan data yaitu melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampling adalah purposive sampling dengan 36 responden yang diambil dari pengunjung yang datang ke Pantai Watu Karung. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Wisata Pantai Watu Karung yang terletak di Desa Watu Karung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan memiliki profil pantai yang tidak hanya indah namun memiliki keunikan berupa 2 surfing spot yang menajubkan, selain itu keindahan barrel dan pasit putih menambah nilai estetika Pantai Watu Karung. Pantai Watu Karung telah memiliki beberapa fasilitas memadai yang dikelola oleh pengurus berjumlah 7 orang dibantu masyarakat sekitar dan didukung pemerintah. Untuk dapat mengembangkan Pantai Watu Karung menjadi sebuah wisata yang baik dan bisa dikenal banyak wisatawan, maka diperlukan strategi pengembangan yang tepat. Berdasarkan hasil analisis SWOT, diperoleh nilai koordinat terletak pada kuadran I yaitu strategi SO. Strategi SO dilakukan dengan memfokuskan penggunaan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan promosi Wisata Pantai Watu Karung, meningkatkan sarana prasana, meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, meningkatkan sumbe daya manusia dan mengembangkan inovasi produk desa.