Pelayanan Publik Di Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada Penyelenggaraanpelayanankependudukan)
Main Author: | Hakim, RezhaYahyaNur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116138/1/Skripsi_Lengkap_Rezha_Yahya_Nur_Hakim_0610310143.pdf http://repository.ub.ac.id/116138/ |
Daftar Isi:
- Kualitas layanan publik dapat diukur meliputi indikator berikut : kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, ekonomis, keadilan, ketepatan waktu. Kesederhanaan pelayanan dalam artian bahwa prosedur atau tata cara pelayanan umum diselenggarakan secara mudah dipahami, mudah dilaksanakan. Pelayana umum dikatakan prima bila dalam pelaksanaannya tidak menyulitkan, prosedurnya tidak. Dalam pelayanan kependudukan, tidak ada yang memberatkan dan masih dalam koridor kewajaran. Dalam pelaksanaan layanan publik selama ini di kecamatan Giri tidak terdapat kendala apapun dalam hal kemananan.Baik keamanan secara fisik maupun pencaloan sudah terjamin dan tidak ada masalah.Namun demikian, sebenarnya masih ada praktek pencaloan.Pengurusan KTP dan KK yang dilakukan oleh ketua RT atau RW dengan biaya Rp 25.000,- untuk KTP dan Rp 45.000,- untuk KK. Berkaitan dengan keterbukaan layanan kepada masyarakat, pihak Kecamatan sudah melakukan kegiatan sosialisasi jika ada setiap pertemuan denga aparat desa/kelurahan yang melibatkan juga masyarakat, selain itu dilakukan penempelanselebaran informasi yang mudah dilihat langsung oleh masyarakat.Semua hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan jika masyarakat melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Meskipun secara resmi pelayanan maksimal adalah 15 menit, temuan di lapangan menyatakan ketidaksusuaian. Untuk pelayanan KTP dan KK dilakukan selama 2 atau 3 hari. Hal ini karena dibutuhkan waktu yang cukup panjang bagi pegawai kecamatan untuk menyampaikan berkas ke dinas kependudukan di Kabupaten. Setelah berkas terkumpul selama 2 hari biasanya baru dilakukan pengurusan ke Kabupaten. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan di Kecamatan Giri adalah : kepemimpinan, sumberdaya aparatur, kesadaran masyarakat, sarana prasarana serta keterbukaan dan responsifitas aparatur.