Kinerja Aparat Kelurahan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Kantor Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)
Main Author: | Hasanah, NandaUswatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116132/1/051401894.pdf http://repository.ub.ac.id/116132/ |
Daftar Isi:
- Kinerja pegawai kelurahan memegang peranan penting dalam fungsi pelayanan sekaligus juga merupakan ujung tombak dari kecamatan dalam rangka otonomi daerah. Tugas kelurahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat di lingkungannya. Beberapa jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal ini adalah antara lain Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, surat Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR), dan juga surat keterangan kelahiran dan kematian. Tuntutan masyarakat adalah menginginkan prosedur pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit, waktu penyelesaian yang cepat, dan biaya pelayanan yang murah. Oleh karena itu para pegawai pemerintahan harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan efektif guna memenuhi harapan dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparat kelurahan, proses kerja pelayanan yang diberikan oleh pegawai, sarana dan prasarana yang tersedia, dan juga bentuk pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengambil lokasi dan situs penelitian di Kantor Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja para pegawai dalam menjalankan tugas, daya tanggap dan semangat kerja melayani masyarakat cukup baik. Perbaikan kinerja pegawai Kelurahan Merjosari ditandai dengan adanya prosedur pelayanan yang jelas, biaya pelayanan yang terjangkau, waktu penyelesaian yang semakin cepat. sarana dan prasarana yang tersedia yaitu ruang tunggu yang nyaman, dan kelengkapan teknologi untuk menunjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Pelayanan yang disediakan antara lain pelayanan perizinan, pelayanan surat keterangan, dan pelayanan penyampaian informasi untuk membantu masyarakat menyelesaikan kepentingan administrasi kependudukan. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi antara lain kesadaran masyarakat untuk memberikan data yang akurat dan benar, pembinaan dan penertiban dalam prosedur kerja, selain itu penyelenggaraan bimbingan teknologi harus terus menerus dilakukan agar tercipta pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, tepat, mudah,efektif dan efisien.