Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Administratif Di Kabupaten Lamongan
Main Author: | Sandya, YustisiaPradhanaArie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116128/1/051401618.pdf http://repository.ub.ac.id/116128/ |
Daftar Isi:
- Administrasi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang telah dipelajari untuk waktu yang lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu rangkaian teori peranan administrasi pembangunan dalam proses pembangunan adalah sebagai "agent of change" (agen perubahan). Dari sinilah peran pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan sektor publik berubah, dimana tidak hanya pemerintah yang terlibat dalam proses pembangunan, tetapi pihak swasta, kelembagaan masyarakat dan LSM merupakan tiga pilar utama yang harus berperan aktif dalam melakukan proses pembangunan. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah agar sektor publik dapat optimal adalah dengan melakukan New Public Management yaitu sebagai peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat serta New Public Management yaitu sebagai unsur pembaharuan pelayanan yang menjadikan pelayanan tersebut menjadi sebuah pelayanan yang prima. untuk mampu melaksanakan fungsi pemerintah dengan baik maka organisasi birokrasi harus professional, tanggap, aspiratif terhadap berbagai tuntutan masyarakat yang dilayani. Baik buruknya kinerja organisasi tentu dapat dipengaruhi oleh adanya faktor yang mendukung atau menghambat kinerja organisasi antara lain faktor intern yaitu aparat atau sumber daya manusia yang berada di dalam Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil tersebut. Kinerja organisasi sangat berhubungan dengan input, output, dan outcomes yang telah dihasilkan oleh suatu organisasai sehingga Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil selalu mengutamakan output dan outcomes yang berdaya guna dan dapat memberi timbal balik untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan input dalam menyelenggaraan kewenangan kabupaten dibidang Melaksanakan Pelayanan Administratif Di Kabupaten Lamongan. maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1.Bagaimanakah kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administratif? 2.Apa sajakah yang menjadi faktor pendukung daan faktor pengahambat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan? Tujuan Penelitian Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja organisasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administratif di Kabupaten Lamongan. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administratif di Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. kemudian dapat disimpulkan bahwa Tugas Pokok serta fungsinya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan yaitu menyelenggarakan urusan Pemerintahan dan pelayanan umum bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam melaksanakan pelayanan dokumen kependudukan dan dan Akta- akta catatan sipil, dilaksanakan dengan program SIAK ofline. Kinerja dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan dalam melaksanakan pelayanan administratif ini telah mengarah pada terwujudnya pelayanan yang efektif, efisien dan ekonomis. Adapun mekanisme pelayanan tersebut terdiri dari dua yaitu mekanisme Pelayanan Reguler dan Non Reguler. Pelayanan Reguler mencakup lima aspek antara lain Aspek Tugas Pokok Fungsi, Aspek Keuangan, Aspek Sumber Daya Manusia, Aspek Sarana dan Prasarana, Aspek Metode kerja. Sedangkan Pelayanan Non Reguler merupakan suatu pelayanan yang dilakukan karena adanya pengaduan dari masyarakat, Obyektivitas yang mengarah pada pelayanan administratif telah menuju pada pencapaian tujuan organisasi sebagai untuk lebih mengetahui dan memperjelas bagaimana pelayanan itu dilaksanakan serta untuk mengetahui tujuan dan sasaran yang ingin di capai dalam pelaksanaan pelayanan administratif, Faktor-faktor pendukung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan adalah adanya Otonomi Daerah.