Pengaruh International Brand Image dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pemilik iPhone di Universitas Brawijaya)

Main Author: Mahera, ZerlyAgna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116115/1/SKRIPSI_ZERLY.pdf
http://repository.ub.ac.id/116115/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh International Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah International Brand Image (X1), Kualitas Produk (X2), sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijawa pada Mahasiswa pemilik iPhone. Teknik pengambilan sampel menggunakan acidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil RSquare (koefisien determinasi) sebesar 0,352 artinya bahwa 35,2% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu International Brand Image (X1) dan Kualitas Produk (X2), sedangkan sisanya 64,8% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis regresi nilai F hitung sebesar 30,629, sedangkan F tabel (α = 0.05 ; db regresi = 2 : db residual = 113) adalah sebesar 3,077. Karena F hitung > F tabel yaitu 30,629 > 3,077 atau nilai signifikansi F (0,000) < α = 0.05 maka model analisis regresi adalah signifikan. Penghitungan menggunakan uji t atau penghitungan secara parsial menunjukkan bahwa International Brand Image (X1) dengan Keputusan Pembelian (Y) memiliki nilai signifikasi t (0,019) < α = 0,05 maka pengaruh Internaational Brand Image (X1) terhadap Keputusan Pembelian adalah signifikan. Penghitungan menggunakan uji t atau penghitungan secara parsial juga menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X2) dengan Keputusan Pembelian (Y) memiliki nilai signifikasi t (0,016) < α = 0,05 maka pengaruh Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian adalah signifikan pada alpha 5%.