Upaya Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling (Studi Tentang Pelaksana
Main Author: | Prihanto, CaturDedy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116072/1/BAB_IV_samsat_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/1/BAB_V_samsat_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/2/Cover_%2B_Daftar_Isi.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/2/BAB_III_samsat_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/3/BAB_II_samsat_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/3/BAB_I_samsat_fix.pdf http://repository.ub.ac.id/116072/ |
Daftar Isi:
- Dalam Kehidupan Bernegara, Pelayanan Publik Memiliki Peranan Yang Sangat Penting. Pemerintah Memiliki Fungsi Memberikan Berbagai Pelayanan Publik Yang Diperlukan Oleh Masyarakat. Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Organisasi Publik Melakukan Perbaikan Sistem Dan Prosedur Layanan Melalui Program-Program Inovatif Yang Berorientasi Pada Kebutuhan Dan Kepuasan Masyarakat. Salah Satu Organisasi Publik Yang Melakukan Inovasi Dalam Pelayanan Publik Adalah Kantor Bersama Samsat Jombang. Samsat Jombang Memiliki Beberapa Layanan Unggulan Salah Satunya Adalah Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Layanan Samsat Keliling Yang Memberikan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Masyarakat Yang Tempat Tinggalnya Berjauhan Dari Lokasi Kantor Bersama Samsat Jombang. Penelitian Ini Ditujukan Untuk Mendeskripsikan Dan Mengetahui Pelaksanaan Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling Di Kabupaten Jombang, Mendeskripsikan Dan Mengetahui Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Layanan Unggulan Samsat Keliling, Dalam Penelitian Ini Akan Digunakan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif. Perolehan Data Dilakukan Melalui Tiga Cara Yaitu Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi Yang Dilakukan Di Kantor Bersama Samsat Jombang, Analisis Data Didasarkan Pada Model Interaktif Miles And Huberman, Data Disusun Secara Sistematis Yang Akan Dilakukan Interpretasi Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Dari Penelitian Menunjukkan Bahwa Sistem Pelayanan Samsat Keliling Di Kabupaten Jombang Bisa Dikatakan Terjadi Peningkatan Setelah Adanya Layanan Samsat Keliling. Hal Ini Ditunjukkan Dengan Pelayanan Yang Menjadi Lebih Efektif Dan Efisien Pada Pelayanan Pembayaran Pajak Bersistem Keliling, Karena Mendekatkan Pelayanan Bagi Wajib Pajak Yang Bertempat Tinggal Jauh. Kualitas Sumber Daya Manusia, Lokasi Pelayanan Yang Strategis Dan Sosialisai Yang Dilakukan Untuk Memberikan Informasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Bersistem Keliling Menjadi Faktor Yang Sangat Mendukung Berjalannya Pelayanan Samsat Keliling. Di Lain Pihak Ada Beberapa Hambatan Dalam Pelayanan Ini Diantarnya Yaitu Sarana Prasarana Yang Kurang Lengkap Dan Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Syarat Pelayanan Dan Etika Dalam Mendapatkan Pelayanan