Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Tentang Pelayanan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang
Main Author: | Agustina, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116055/1/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/116055/2/BAB_I_new_skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/116055/3/Cover_skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/116055/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Ini Dilakukan Atas Dasar Adanya Kritikan Terhadap Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Yang Masih Kurang, Meliputi Kurangnya Ketepatan Waktu, Banyaknya Persyaratan, Dan Prosedur Yang Berbelit-Belit. Hal Ini Membuat Masyarakat Menjadi Malas Untuk Mengurus Administrasi Kependudukan Seperti Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran. Sedangkan Administrasi Kependudukan Itu Wajib Dilakukan Masyarakat Untuk Memiliki Identitas Diri. Oleh Karena Itu Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Harus Maksimal Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Dan Memaparkan Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Jenis Penelitian Yang Digunakan Peneliti Adalah Kualitatif. Pedekatan Kualitatif Menurut Sugiyono (2008:9) Adalah Metode Penelitian Yang Berdasarkan Filsafat Pospositivme Digunakan Untuk Objek Ilmiah, (Sebagai Lawannyaadalah Eksperimen) Di Mana Peneliti Adalah Eksperimen Kecil, Tehnik Pengumpulan Data Dilakukan Secara Gabungan, Analisis Data Bersifat Induktif/Kualitatif Dan Hasil Penelitian Kualitatif Lebih Menekankan Makna Daripada Generalisasi. Dengan Penelitian Tersebut Peneliti Akan Terjun Langsung Dengan Menggunakan Tehnik Observasi, Interview, Dan Dokumentasi. Untuk Itu Data Yang Dihasilkan Harus Seakurat Dan Selengkap Mungkin. Lokasi Penelitian Yang Dipilih Adalah Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang. Fokus Penelitian Ini Adalah Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran, Serta Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang Dilihat Dari Aspek Kemampuan Dalam Menyelesaikan Tugas Sudah Baik Karena Pegawai Sudah Memiliki Tingkat Pendidikan Yang Baik, Mampu Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Dan Disiplin. Mekanisme Pelayanan Sudah Menerapkan Prinsip Kesederhanaan. Dari Hasil Penelitian Ini, Maka Peneliti Dapat Memberikan Rekomendasi Antara Lain Adanya Penambahan Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang, Serta Adanya Perbaikan Sarana Dan Prasarana Untuk Mendukung Kecepatan Proses Pelayanan Administrasi Kependudukan