Strategi Pengembangan Learning Organization Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Malang)
Main Author: | Sari, ShoffiYulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116043/ |
Daftar Isi:
- Organisasi merupakan satu kesatuan yang komplek, yang berusaha mengalokasikan sumber daya manusia secara penuh demi tercapainya tujuan organisasi. Kemampuan organisasi dan individu dalam merespon perubahan lingkungan di sekitarnya akan menjadi bekal untuk menghadapi persaingan di era globalisasi ini. Kemampuan organisasi untuk belajar secara tepat dan merespon feedback menjadi kunci bagi keberhasilan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan maka munculah konsep yang dikenal dengan learning organization . Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengambil lokasi di Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian diperoleh bahwa posisi dalam kuadran SWOT berada pada kuadran III. Dimana peluang yang tersedia sangat menyakinkan namun tidak dimanfaatkan karena kekuatan yang ada tidak cukup untuk mengelolanya. Strategi yang direkomendasikan adalah mengatasi kelemahan yang diuraikan dalam pembahasan untuk menggarap peluang yang ada. Saran dari peneliti adalah memperluas kesempatan pegawai untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan keahlian, sosialisasi mengenai pentingnya pemahaman tentang learning organization dalam meningkatkan kinerja pegawai, melakukan pendidikan dan pelatihan manajemen kepegawaian yang berkaitan dengan tanggung jawab terhadap organisasi. Selain itu perlu juga untuk menambah sarana dan prasarana untuk membantu pegawai agar bisa maksimal dalam menjalankan tugas pekerjaannya sehingga terhindar dari terjadinya stres kerja, dan meningkatkan budaya kerja dan peraturan organisasi yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan agar kegiatan organisasi dalam melayani kebutuhan masyarakat dapat berjalan dengan efektif dan efisien.