Peran Humas Pemerintah Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Kediri)

Main Author: Yuwana, PriskaSandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116041/1/SKRIPSI_PRISKA_0910310097.pdf
http://repository.ub.ac.id/116041/
Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Dilakukan Untuk Melihat Bagaimana Sejauh Ini Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Adanya Uud Keterbukaan Informasi Publik (Kip) Nomor 14 Tahun 2008 Serta Tingginya Kebutuhan Informasi Masyarakat, Humas Pemerintah Dituntut Untuk Melaksanakan Kegiatan Pelayanan Informasi Secara Maksimal. Peran Penting Humas Pemerintah Kota Kediri Semakin Berat Dikarenakan Kota Kediri Belum Membentuk Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Dan Terganggunya Website Pemerintah Kota Kediri Yang Menghambat menyampaian Informasi Kepada Masyarakat. Penelitian Ini Mengangkat Dua Permasalahan Yaitu, Pertama Bagaimana Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Kedua, Apakah Faktor Yang Mendukung Dan Menghambat Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Hasil Penelitian Menunjukkan Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Cukup Memadai. Kegiatan Humas Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Yaitu, Mengumpulan Informasi Yang Bersumber Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (Skpd) Pemerintah Kota Kediri. Menyimpan Informasi Menggunakan Sarana Rak Berkas Dan Hardisk. Dalam Penggunaannya Masyarakat Dan Pers Dapat Memperoleh Informasi Sesuai Dengan Prosedur Yang Telah Ditetapkan Oleh Humas Pemerintah Kota Kediri. Sedangkan Penyampaian Informasi Berupa Penyelenggaraan Pembangunan Dan Pemerintahan Daerah Dilakukan Secara Langsung Dan Tidak Langsung Melalui Media Cetak, Radio, Televisi, Website Dan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Pedoman Uud Keterbukaan Informasi Publik (Kip). Kegiatan Penyampaian Informasi Dilakukan Dengan Menggunakan Standar Penyampaian Informasi Untuk Mencapai Keberhasilan Proses Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat. Saran Yang Diberikan Dalam Penelitian Ini Adalah Isi Website Pemerintah Terutama Informasi Seputar Pemerintah Dan Kota Kediri Perlu Dilakukan Pembaharuan Secara Menyeluruh. Untuk Penyaluran Majalah Barometer Hendaknya Tidak Hanya Disalurkan Kepada Dinas-Dinas Saja, Tetapi Disalurkan Kepada Masyarakat Luas Dengan Memasukkan File Majalah Dalam Website Pemerintah. Humas Pemerintah Kota Kediri Hendaknya mengembangkan Pegawai Dalam On The Job Training . Dan Meningkatkan Koordinasinya Dengan Skpd Agar Dapat Memberikan Lebih Banyak Informasi Sehingga Informasi Yang Diberikan Dapat Segera Dibantu Dalam menyebarannya.