Analisis Kebijakan Trasportasi Publik (Terhadap Pengalihan Trayek Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon)

Main Author: Kurniawan, Ivan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116040/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116040/
Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Dilakukan Karena Ketertarikan Peneliti Atas Adanya Demonstrasi Dan Mogok Kerja Yang Dilakukan Oleh Para Sopir Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Atas Kebijakan Pengalihan Trayek Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon Oleh Pemerintah Kota Surabaya Pada Tanggal 1 Sampai 9 Mei 2012 Di Kota Surabaya. Dampak Selanjutnya Dari Demontrasi Para Sopir Bus Tersebut Membuat Kebijakan Pengalihan Trayek Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Oleh Pemerintah Surabaya Tertunda. Oleh Karena Itu, Peneliti Merasa Tertarik Untuk Menganalisis Kebijakan Pengalihan Trayek Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon. Rumusan Masalah Pada Penelitian Ini Adalah; A) Bagaimana Kondisi Obyektif Berdasarkan Isi Dan Tujuan Surat, Kenyataan Kronologi Dilapangan, B) Dampak Kebijakan Pengalihan Trayek, C) Faktor Pendukung Dan Penghambat Kebijakan Pengalihan Trayek Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon. Tinjauan Pustaka Yang Digunakan Penulis Untuk Menganalisis Dan Penyajian Data Adalah A) Prosedur Analisis Kebijakan William N. Dunn B) Teori Analisis Kebijakan Retrospektif (Analisis Yang Berorientasi Pada Aplikasi) Oleh William N. Dunn. Penelitian Ini menggunakan Metode Kualitaif Dan Pendekatan Deskriptif. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Dan Teknik Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Penelitian Berupa Penyajian Data Lokasi Penelitian Dan Kondisi Umum Transportasi Dan Fasilitas Di Terminal Tambak Oso Wilangon, Serta Data-Data Primer Dan Sekunder Sesuai Dengan Fokus Penelitian. Kemudian Data Tersebut Diuji Validasinya Menggunakan Model Analisis Kebijakan Publik Menurut William N. Dunn. Pada Makalah Ini, Terdapat Dua Langkah Analisis Yang Dilakukan Oleh Peneliti. Pada Langkah Pertama, Peneliti Berusaha Menganalisis Isi Dan Tujuan Surat Walikota Surabaya No. 550/650/436.6.10/2012 Tentang Pengalihan Terminal Bus Dari Terminal surabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon, Lalu Menghubungkan Dengan Menggunakan Lima Prosedur Analisis Kebijakan William N. Dunn. Pada Langkah Ini, Pengalian Data Dilakukan Dengan Memperhatikan 2 Pertanyaan Pokok, Yaitu Isi, Tujuan Dan Kronologi Pengalihan Trayek Bus? B) Faktor Penghambat Dan Pendukung Kebijakan Pengalihan Trayek Bus? Oleh Karena Itu, Peneliti Menggali Data Seputar Kronologi Pengalihan Trayek Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon Dan Surat Walikota Surabaya No. 550/650/436.6.10/2012, Guna Menjawab Pertanyaan Pertama. Setelah Itu Peneliti Menjawab Pertanyaan Kedua Dengan Jalan Menggali Data Melalui Proses Identifikasi Dampak, Penghambat Dan Pendukung Kebijakan Pengalihan Trayek Yang Telah Diperoleh Pada Pemaparan Mengenai Kronologi Sebelum Dan Setelah Kebijakan Pengalihan Trayek Bus Tersebut Dilakukan. Selanjutnya, Langkah Kedua Yang Dilakukan Peneliti Adalah Memetakan Permasalahan Sesuai Dengan Konsep Analisis Kebijakan Retrospektif (Analisis Yang Berorientasi Pada Aplikasi) William N. Dunn. Untuk Memetakan Permasalahanpermasalahan Yang Terjadi Pada Kasus Kebijakan Pengalihan Trayek Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon. Berdasarkan Hasil Analisis Data Dilakukan Oleh Peneliti Dari Tiga Rumusan Masalah Yang Ditetapkan Peneliti, Maka Didapat Poin-Poin Kesimpulan, Antara Lain; A) Bedasarkan Analisis Dengan Menggunakan Teori Analisis Kebijakan Retrospektif (Analisis Yang Berorientasi Pada Aplikasi) Oleh William N. Dunn. Sebagai Langkah Pemecahan Permasalahan Kebijakan Bus Akap (Antar Kota Antar Provinsi) Jalur Pantura Dari Terminal Purabaya Ke Terminal Tambak Oso Wilangon. B) Menginterpretasi Faktor Pendukung Dan Penghambat Kebijakan Pengalihan Trayek Bus Tersebut