Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis saat ini sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang, sehingga menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Menciptakan persepsi positif dibenak pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu produk, perusahaan perlu menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk dengan menyentuh sisi emosional pelanggan, menghadirkan pengalaman yang unik dan mengesankan bagi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui dan menguji variabel Experiential Marketing yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan secara bersama-sama dan parsial, dan mengetahui Variabel Experiential Marketing yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory . Sampel penelitian sebanyak 69 orang responden yaitu pelanggan KFC warga JL. Jendral Basuki Rachmad RW. 02 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang. Metode sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling . Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Communications, Visual Identity, Product Presence, Co-Branding, Spatial Environment, Web sites , People dan Act berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 94,638 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05). Dari hasil analisis secara parsial diketahui bahwa variabel Communications nilai sig. t sebesar 0,003 , Visual Identity nilai sig. t sebesar 0,000 , Product Presence nilai sig. t sebesar 0,006 , Co-Branding nilai sig. t sebesar 0,004 , Spatial Environment nilai sig. t sebesar 0,044 , Web sites nilai sig. t sebesar 0,022, People nilai sig. t sebesar 0,000 dan Act nilai sig. t sebesar 0,000 dengan nilai probabilitas < 0,05, sehingga variabel Communications, Visual Identity, Product Presence, Co-Branding, Spatial Environment, Web sites , People dan Act berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel People merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai t hitung tertinggi yaitu sebesar 5,267 dan Sig. t terendah yaitu sebesar 0,000. Saran dari hasil penelitian ini sebaiknya KFC tidak hanya memperhatikan kualitas dari produk yang ditawarkan, tetapi juga menyampaikan dan memberikan suatu pengalaman yang tidak terlupakan bagi konsumen agar mendapatkan suatu nilai saat mengkonsumsi produk yang ditawarkan oleh KFC dan sebagai cara untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan.