Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas (Studi Pada Pelanggan Taman Indie Resto Malang)

Main Author: Saraswati, Riza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115964/1/051308928.pdf
http://repository.ub.ac.id/115964/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis terutama pada sektor restoran. Berbagai macam ide kreatif dan unik dikerahkan oleh para pelaku bisnis untuk menarik perhatian masyarakat serta mempertahankan pelanggan yang loyal. Melihat kondisi seperti ini, para pemasar membutuhkan suatu konsep pemasaran yang ampuh untuk memenangkan persaingan salah satunya dengan menerapkan konsep Experiential Marketing yang mencakup unsur SEM’s yaitu Sense, Feel, Think, Act , dan Relate serta ExPros yaitu Communication , Visual identity , Product Presence , Co-Branding , Spatial Environment , dan People . Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh variabel bebas yaitu Sense (X 1 ) , Feel (X 2 ) , Think (X 3 ) , Act (X 4 ) , Relate (X 5 ), dan People (X 6 ) terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan (Y) secara bersama-sama dan juga secara parsial serta menentukan variabel mana yang memiliki pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sebesar 34,547. Secara parsial, seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yang ditunjukkan dengan: a) variabel sense (b = 0,125, t hitung 2,305 > t tabel 2.0086); b) variabel feel (b = 0,180, t hitung 2,589 > t tabel 2.0086); c) variabel think (b = 0,060, t hitung 2,422 > t tabel 2.0086); d) variabel act (b = 0,204, t hitung 2,605 > t tabel 2.0086); e) variabel relate (b = 0,178, t hitung 2,924 > t tabel 2.0086); f) variabel people (b = 0,098, t hitung 2,245 > t tabel 2.0086). Variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan yaitu act sebesar 0,204. Variabel sense, feel, think, act, relate, dan people mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 67,9% dan sisanya 32,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Peneliti mengamati bahwa pelaksanaan konsep Experiential Marketing di Taman Indie Resto sudah sangat baik. Peneliti berharap untuk ke depannya pihak manajemen Taman Indie Resto tetap mempertahankan ciri khas dari Taman Indie Resto itu sendiri, selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan memberikan service terbaik, dan mencari ide-ide baru yang dapat menarik perhatian masyarakat dengan menambah menu masakan nusantara. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan Taman Indie Resto.