Strategi Bersaing: Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran guna Meraih Keunggulan Kompetitif (Studi pada PT. Ongkowidjojo, Malang)
Main Author: | Fitriadi, Barkah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115933/1/051308500.pdf http://repository.ub.ac.id/115933/ |
Daftar Isi:
- Dunia bisnis dewasa ini jauh berbeda dan lebih kompleks. Strategi bersaing dan kebijakan harus diterapkan secara bersinergi oleh perusahaan untuk mencapai hasil atas tujuan yang ditetapkan. Strategi bersaing ini bertujuan agar dapat melihat secara objektif kondisi-kondisi internal dan eksternal perusahaan dalam memperoleh keunggulan di bidangnya yang merupakan alat untuk mencapai tujuan jangka panjang dan terus menerus. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di pabrik rokok PT. Ongkowidjojo, Malang. Penelitian ini difokuskan pada lingkungan perusahaan (baik internal maupun eksternal) dan strategi bersaing PT. Ongkowidjojo, Malang dengan menggunakan analisis Struktur Industri, External Factor Analysis Summary (EFAS), Internal Factor Analysis Summary (IFAS), analisis SWOT, analisis Matrik Internal Eksternal, dan analisis Matrik Grand Strategy . Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah PT. Ongkowidjojo, Malang menerapkan strategi bertahan dengan strategi biaya rendah dalam kebijakan bersaingnya, yang berkonsentrasi pada perbaikan sumber daya dan penyempurnaan produk, serta mempertahankan citra dari produk yang menjadikannya basis pemasaran yang lekat dan kuat di kawasan Madura dibandingkan dengan produk-produk lain.