Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Diferensiasi Produk baik secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan iPhone di Universitas Brawijaya Malang. Adapun Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk (X 1 ), keistimewaan (X 2 ), kualitas/mutu kinerja (X 3 ), mutu kesesuaian (X 4 ), daya tahan (X 5 ), keandalan (X 6 ), mudah diperbaiki (X 7 ), gaya (X 8 ), dan rancangan (X 9 ). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan (Y). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 118 responden yang merupakan pengguna iPhone di Universitas Brawijaya Malang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0 for windows. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan karena penelitian ini lebih dari dua variabel, dengan menggunakan uji F, uji t, dan uji R 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kesembilan variabel Diferensiasi produk yaitu bentuk, keistimewaan, kualitas/mutu kinerja, mutu kesesuaian, keandalan, daya tahan, mudah diperbaiki, gaya, dan rancangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan iPhone di Universitas Brawijaya Malang. Dari perhitungan SPSS 13.0 untuk uji F diketahui bahwa F hitung = 31,244 > F tabel 1,968 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Secara parsial diketahui hanya variabel bentuk, kualitas/mutu kinerja, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain uji F dan uji t, uji R 2 diketahui nilai R Square sebesar 0,723 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 72,3%