Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Mahasiswa SI Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiajaya Tahun 2009/2010 Pengguna Handphone Nokia
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Merek. Salah satunya adalah Kepercayaan Merek. Semakin Positif kepercayaan konsumen terhadap merek, maka semakin tinggi pula loyalitas konsumen terhadap merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung dari variabel kepercayaan merek yang terdiri dari Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek dan Loyalitas Merek terhadap Handphone Nokia pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( Explanatory Research ). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner kepada mahasiwa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009/2010 yang menggunakan Handphone Nokia sebanyak 102 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara langsung variabel Kepercayaan Merek yang terdiri dari variabel Karakteristik Merek (X 1 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Tingkat Loyalitas Merek (Y), ditunjukkan dengan hasil uji T yaitu t hitung = 6,537, sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 98) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t tabel yaitu 6,537 > 1,984 atau nilai sig. t < 0,05 maka pengaruh Karakteristik Merek (X 1 ) terhadap Tingkat Loyalitas Merek adalah signifikan pada alpha 5%. Variabel Karakteristik Perusahaan (X 2 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Tingkat Loyalitas Merek (Y), ditunjukkan dengan hasil uji T yaitu t hitung = 8,215, sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 98) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t tabel yaitu 8,215 > 1,984 atau nilai sig. t < 0,05 maka pengaruh Karakteristik Perusahaan (X 2 ) terhadap Tingkat Loyalitas Merek (Y) adalah signifikan pada alpha 5%. Variabel Karakteristik Konsumen-Merek (X 3 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Tingkat Loyalitas Merek (Y), ditunjukkan dengan hasil uji T yaitu t hitung sebesar 5,928. Sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 98) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t tabel yaitu 5,928 > 1,984 atau nilai sig. t < 0,05 maka pengaruh Karakteristik Konsumen-Merek (X 3 ) terhadap Tingkat Loyalitas merek (Y) adalah signifikan pada alpha 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan Merek yang terdiri dari Karakteristik Merek (X 1 ), Karakteristik Perusahaan (X 2 ), Karakteristik Konsumen-Merek (X 3 ) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel Tingkat Loyalitas Merek. Hal ini dapat dijadikan sebagai bentuk informasi bagi PT. Nokia untuk dapat memelihara dan mengembangkan Kepercayan Merek yang telah dibangun, semakin tingginya kepercayaan konsumen terhadap merek maka akan semakin tinggi pula loyalitas konsumen terhadap merek.