Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Kesadaran Merek (Brand Awareness) (Survei pada Kartu telepon GSM IM3 terhadap Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Univ
Main Author: | Wardhana, Loudfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115874/1/051308079.pdf http://repository.ub.ac.id/115874/ |
Daftar Isi:
- Kesadaran merek yang ada dalam benak konsumen sangat membantu perusahaan untuk memenangkan pasar. Kondisi kesadaran konsumen terhadap kartu IM3 , dengan slogan ( tagline) “ Murah itu IM3 ”, menjadikan kartu IM3 dikenal dan mampu dikenal oleh konsumen dan calon konsumennya sebagai kartu GSM yang murah. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh secara parsial terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3 . 2) Untuk mengetahui isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3 . 3) Variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3 . Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatory (penjelasan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian, dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang juga telah membeli dan menggunakan Kartu GSM IM3 , sejumlah 564 orang, sedangkan sampel yang ditentukan adalah sebesar 85 orang mahasiswa, dengan metode pengambilan sampel accidental sampling , teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa isi pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,873 di mana sig. < 0,05. Untuk variabel struktur pesan (X2) tidak berpengaruh terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -1,246 di mana sig. > 0,05. Selanjutnya untuk variabel format pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,790 di mana sig. < 0,05. Serta untuk variabel sumber pesan (X4) diketahui tidak berpengaruh terhadap kesadaran merek (Y), diketahui dengan ditunjukkan dengan nilai t hitung 0,726 di mana sig. > 0,05. Hasil analisis terhadap variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh sebesar 0,496 (R 2 ) atau sebesar 49,6% secara bersama terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3 , Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3 , adalah variabel format pesan (X3) karena diperoleh nilai t-hitung yang lebih besar dari nilai t-hitung variabel bebas lainnya dalam penelitian ini.