Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Malang Dan Sdn Kauman 1)

Main Author: Herlisa,HeppySandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115792/1/051201125.pdf
http://repository.ub.ac.id/115792/
Daftar Isi:
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Akibat dari fenomena ini antara lain munculnya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Judul penelitian ini terkandung maksud bagaimana kinerja Pemerintah Daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kota Malang. Tujuan yang diharapkan adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kinerja Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan) dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kota Malang serta untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan) dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kota Malang. Sedangkan analisa yang dapat dipakai dengan menggunakan model interaktif diantara kegiatan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi secara berkelanjutan. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa kinerja Pemerintah Daerah (Dinas Pendidikan) dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar diantaranya peningkatan kuantitas, kualitas dan profesionalisme tenaga pendidik serta tenaga kependidikan yang perlu ditingkatkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Disamping itu, penyediaan infrastruktur serta sarana dan prasarana pendidikan yang layak. Serta Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini, penulis menyarankan agar Dinas Pendidikan Kota Malang dapat menyediakan fasilitas dan media pendidikan yang baik, melakukan perbaikan kurikulum, meningkatkan profesionalisme pendidik serta perlunya melaksankan pengawasan terhadap satuan pendidikan. Selain itu, setiap satuan pendidikan hendaknya melaksanakan dan memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) serta perlu adanya kerjasama yang berkesinambungan antara Dinas Pendidikan dengan satuan pendidikan agar dapat mencapai tujuan yakni pendidikan yang berkualitas.