Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Studi Di Puskesmas Kendalsari Kota Malang)

Main Author: Noviyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115730/1/051200784.pdf
http://repository.ub.ac.id/115730/
Daftar Isi:
  • Berbagai persoalan mengenai kesehatan masyarakat merupakan hal yang kompleks dan sudah tidak asing lagi bagi kita. Selama ini urusan pemerintah pusat dan daerah mengenai pelayanan kesehatan masih kurang pertanggungjawabannya kepada masyarakat. Padahal, pelayanan jasa kesehatan merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus mampu menciptakan suatu pembangunan kesehatan yang memadai sebagai upaya perbaikan terhadap buruknya tingkat kesehatan selama ini. Sejalan dengan upaya perbaikan tingkat kesehatan dan peningkatan kualitas kesehatan, diperlukan adanya suatu pengukuran kualitas dari pelayanan publik yang salah satunya adalah melalui penilaian berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai pengguna jasa kesehatan yang ada. Indeks Kepuasan Masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Pelaksanaan dan pengukuran IKM ini dapat diterapkan di semua lembaga yang berbasis pelayanan publik, yang salah satunya adalah di puskesmas. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kendalsari. Puskesmas Kendalsari adalah satu dari tiga puskesmas yang ada di kecamatan Lowokwaru, dimana puskesmas ini secara rutin telah melakukan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali dan rata-rata pengunjung per harinya bisa mencapai 150 orang. Banyaknya masyarakat yang berobat di Puskesmas Kendalsari menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut dapat dikatakan baik. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ini dapat dilihat melalui pengukuran IKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data