Pengaruh Faktor-faktor Experiental Marketing (Pemasaran Pengalaman) terhadap Loyalitas (Survei pada Member Celebrity Fitness Supermall Pakuwon Indah Surabaya)
Main Author: | Prabasari, Dita Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115720/1/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/115720/ |
Daftar Isi:
- Pengalaman konsumen menjadi penting dalam proses konsumsi sebuah produk atau jasa. Produk yang disertai memorable experience (pengalaman yang tidak terlupakan) akan selalu ada dalam benak konsumen, yang nantinya akan membentuk sebuah loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk Experiential Maketing, menguji faktor tersebut yang mempengaruhi Loyalitas Merek, dan menentukan faktor yang berpengaruh dominan terhadap Loyalitas Merek. Jenis penelitian ini adalah explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh hubungan sebab akibat antara dua variabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi berganda. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor yang membentuk Experiential Marketing sedangkan analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh dari faktor tersebut terhadap loyalitas merek. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan analisis faktor menggunakan rotasi varimax dari 26 indikator yang masuk dalam rotasi faktor terdapat 5 faktor utama yaitu sense (F1), Feel (F2), Think (F3), Relate (F4), dan Act (F5). Selanjutnya berdasarkan analisis regresi berganda pada penelitian ini juga diketahui bahwa faktor Sense, Feel, Think, Relate dan Act secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Merek dengan Fhitung sebesar 24,472 tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Faktor pembentuk berpengaruh terhadap Loyalitas Merek sebesar 51,4% dan 48,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial semua variabel dari Experiential Marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek. Faktor yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Merek adalah Faktor Feel. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus memperhatikan kualitas produk dan juga harus dapat menyampaikan suatu pengalaman yang tidak terlupakan bagi konsumen dengan merangsang panca indera, perasaan, pikiran, tindakan dan hubungan sosial agar konsumen mendapatkan suatu nilai lebih ketika mengkonsumsi produk sehingga akan memberikan keterkaitan antara konsumen dengan produk tersebut. Semua unsur Experiential Marketing perlu dipertahankan oleh Celebrity Fitness agar mendapatkan loyalitas merek dari para membernya.