Pengaruh Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Motor Honda yang Melakukan Reparasi di AHASS Murni Motor Malang)
Daftar Isi:
- dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel dalam pelayanan purna jual yang mempengaruhi keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel pelayanan purna jual yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian motor Honda. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dan bentuk pengamatan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor Honda yang melakukan servis di bengkel AHASS Murni Motor kota Malang. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 116 orang responden, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil perhitungan statistik analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,063. Dari hasil analisis juga diperoleh hasil Adj. R Square sebesar 0,505. Artinya bahwa 50,5% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, Hasil Uji t menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial pada variabel Garansi (X1) dengan nilai thitung = 3,428 dan signifikansi sebesar 0,001, variabel Reparasi (X2) dengan nilai thitung = 2,796, dan signifikansi sebesar 0,006 dan variabel yang terakhir adalah variabel Suku Cadang (X3) dengan thitung = 4,067 dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Garansi (X1) mempunyai nilai koefisien regresi (B) paling besar. Yaitu sebesar 0,591. Sehingga variabel Garansi (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel bebas terhadap variabel Keputusan Pembelian dapat diterima dan variabel Garansi (X1) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda.