Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Konsumen (Survai pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2011/2012 yang Memilih Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Putri, RirinBintari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115649/1/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/115649/2/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/115649/3/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/115649/4/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/115649/5/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/115649/
Daftar Isi:
  • ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh simultan (bersama-sama) dan parsial (sendiri-sendiri) antara Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Konsumen memilih Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang sebagai tempat studi. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui Variabel Bauran Pemasaran Jasa yang paling dominan berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen. Variabel independen atau variabel bebas dalam penelitian ini adalah Variabel Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari Variabel Produk (X1), Variabel Harga (X2), Variabel Tempat (X3), Variabel Promosi (X4), Variabel Orang(X5), Variabel Proses (X6), dan Variabel Bukti Fisik (X7). Variabel dependen atau variabel terikat dalam penelitian ini adalah Variabel Keputusan Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey untuk mndapatkan data primer. Jenis penelitian skripsi yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yaitu menjelaskan pengaruh variabel-variabel yang diteliti dengan pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 17, 937 dan F tabel sebesar 2,126 (F hitung > F tabel), yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen (Y). Adjusted R Square sebesar 0,611 artinya bahwa 61,1% Variabel Keputusan Konsumen dipengaruhi variabel bebas. Sedangkan sisanya 39,9% Variabel Keputusan Konsumen dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitan ini. Nilai R (koefisin korelasi) sebesar 0,782 yang artinya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat termasuk kuat karena berada pada selang 0,6 – 0,8. Hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat bersifat positif, artinya jika nilai bariabel bebas semakin meningkat maka nilai variabel terikat juga akan meningkat. Nilai konstanta (a = 6,838) artinya jika tidak ada pengaruh dari variabel bebas, maka nilai Variabel Keputusan Konsumen (Y) adalah 6,838. Nilai koefisien regresi Produk (b1 = 0,439), Harga (b2 = 0,006), Tempat (b3 = 0,280), Promosi (b4 = 0,323), Orang(b5 = 0,259), Proses (b6 = 0,023), dan Bukti Fisik (b7 = 0,024) menunjukkan bahwa jika variabel bebas ditingkatkan maka ada kecenderungan Variabel Keputusan Konsumen (Y) akan meningkat sebesar b dengan asumsi nilai dari variabel konstan (tetap). vi Hasil uji t untuk nilai t hitung Variabel Produk (X1) 2,856 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung > dari t tabel. Variabel Harga (X2) 0,048 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung < dari t tabel. Variabel Tempat (X3)2,043 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung > dari t tabel. Variabel Promosi (X4) 2,097 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung > dari t tabel. Variabel Orang(X5) 2,019 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Keputusan konsumen karena nilai t hitung > dari t tabel. Variabel Proses (X6) 0,151 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung < dari t tabel. Variabel Bukti Fisik (X7) 0,23 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Variabel Keputusan Konsumen karena nilai t hitung < dari t tabel.