Analisis Relationship Marketing Management Guna Meningkatkan Penjualan (Studi pada PT GrahaMakmur CiptaPratama Sidoarjo)

Main Author: In, Churin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115644/1/Churin.pdf
http://repository.ub.ac.id/115644/
Daftar Isi:
  • Situasi bisnis senantiasa mengalami perubahan yang relatif cepat dan penuh ke tidak pastian. Seiring dengan globalisasi dan pasar bebas, dunia bisnis secara otomatis akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat. Tidak sedikit perusahaan baru atau perusahaan lama berkompetisi untuk menawarkan produk yang sangat bervariasi dengan memiliki strategi yang berbeda-beda. Melihat fenomena seperti saat ini bukan berarti perusahaan harus menghindar dari kenyataan yang ada. Mereka harus bisa membaca keadaan dan tau alternatif yang harus mereka lakukan. Salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh perusahaan adalah melakukan perdagangan luar negeri atau melakukan ekspor karena dianggap memiliki banyak keuntungan. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam melakukan perdagangan ekspor yaitu menjalin hubungan kerja antara perusahaan ekspor dengan para pelanggannya untuk memaksimalkan target penjualannya. Oleh karena itu PT GrahaMakmur CiptaPratama selalu melakukan hubungan yang intensif dengan para pelanggannya agar penjualan yang dilakukan tetap bisa berlanjut. Pada umumnya Perusahaan menginginankan bahwa pelanggan yang diciptakan akan dapat bertahan selamanya, karena para pelanggan terutama pelanggan yang loyal merupakan aset terbesar yang harus dijaga perusahaan guna meningkatkan penjualan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu membangun hubungan dengan pelanggannya guna meningkatkan penjualan. Hal ini yang mendasari munculnya konsep Relationship Marketing yang terdiri dari keuntungan bersama, komitmen, kebenaran, dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pelaksanaan strategi Relationship Marketing yang diterapkan oleh PT GrahaMakmur CiptaPratama guna meningkatkan penjualan perusahaan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan situs tungga. Untuk memperoleh data yang akurat dan tidak membias maka fokus penelitian pada hal-hal yang berhubungan dengan strategi Relationship Marketing Management pada PT GrahaMakmur CiptaPratama diantaranya adalah: Keuntungan bersama, Komitmen, iii Kebenaran, Komunikasi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi secara fenomenologi.Analisis ini menguraikan fenomena-fenomena yang terjadi saat itu secara nyata dan kemudian menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Strategi Relationship Marketing tidak semata-mata hanya diimplementasikan kepada buyer namun perusahaan juga mengimplementasikan Relationship Marketing kepada para supplier guna memepertahankan kontinuitas ketersedian bahan baku, baik dari sisi kualitas dan kuantitas yang pada akhirnya akan berguna bagi peningkatan kualitas layanan pada para buyer. 2. Implementasi Relationship Marketing yang dilakukan oleh perusahaan benar-benar telah dirasakan oleh mitra terutama para buyer. Perusahaan telah mampu menanamkan kepercayaan pada buyer. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat data penjualan yang meningkat dari tahun ke tahun seperti pada lampiran yang peneliti sertakan. 3. Dengan menerapkan streategi Relationship Marketing perusahaan juga berhasil menjalin hubungan kerja atau kemitraan dalam jangka panjang. Hal ini bisa dibuktikan dalam data buyer. Dimana perusahaan dapat mempertahankan kemitraan dengan buyer dari perusahaan mulai berdiri hingga sekarang Terkait dengan hal diatas, saran yang dapat diberikan adalah 1. Untuk kedepannya perusahaan harus dapat mengembangkan pasarnya tetapi dalam melakukan pengembangan pasar perusahaan memerlukan persiapan yang matang, salah satunya adalah mempersiapkan ketersedian bahan baku dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu perusahaan perlu menjalin hubungan yang lebih baik dengan supplier atau menambah supplier baru agar terjaminnya ketersediaan bahan baku perusahaan. 2. Perusahaan harus berusaha agar tidak terjadi complain terhadap produk yang dijual. Selama tahun 2009 hingga sekarang perusahaan mendapatkan satu kali complain yang dikarenakan produk over soaking sehingga perusahaan perlu lebih teliti lagi agar tidak mengecewakan buyer. 3. Perusahaan hendaknya terus berimprofisasi dalam mengimplementasikan Relationship Marketing.