Pengaruh Asosiasi Merek (Brand Association) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Produk Air Minum Mineral Merek Aqua pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 Fakultas
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan variabel-variabel dalam asosiasi merek yang mempengaruhi keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel asosiasi merek yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk air minum mineral merek Aqua. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dan bentuk pengamatan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2008/2009 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang membeli produk air minum mineral merek Aqua. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 83 responden, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil perhitungan statistik analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,857, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 2,49. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Dari hasil analisis juga diperoleh hasil Adj. R Square sebesar 0,385. Artinya bahwa 38,5% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, Hasil Uji t menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial pada variabel Kualitas Produk (X1) dengan nilai thitung = 3,513, dan ttabel 1,99085 dan variabel Kemudahan (X4) dengan nilai thitung = 3,005, dan ttabel 1,99085 , namun ada pengaruh yang tidak signifikan pada variabel Harga (X2) dengan nilai thitung = 0,861, dan ttabel 1,99085 dan variabel Emosional (X3) dengan nilai thitung = -0,105, dan ttabel 1,99085, dengan P=0,000 dengan arah positif sehingga menghasilkan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) mempunyai nilai thitung dan ttabel yang paling besar. Yaitu thitung sebesar =3,513 dan ttabel 1,99085. Variabel Kualitas Produk (X1) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel bebas terhadap variabel Keputusan Pembelian dapat diterima dan variabel Kualitas Produk (X1) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk air minum mineral merek Aqua.