Pengaruh Corporate Social Responsibility/CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) Terhadap Citra Perusahaan (Survei pada Masyarakat Sekitar PT Petrokimia Gresik, Kecamatan Gresik-Kabupaten Gresik )
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility/CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) terhadap Citra Perusahaan pada masyarakat di sekitar perusahaan PT Petrokimia Gresik yaitu warga RT 03 RW 06 Kelurahan Tlogopojok, Kabupaten Gresik yang diukur dari variabel – variabel Corporate Social Responsibility, yaitu dari Community Support/Dukungan terhadap masyarakat, Environment/ Lingkungan, dan Product/ Produk. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh perusahaan untuk menambah kegiatan-kegiatan Corporate Social Responsibility dan kualitas program Corporate Social Responsibility sehingga lebih dapat meningkatkan lagi Citra Perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar perusahaan dan sebanyak 112 orang responden yang dijadikan sampel penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis faktor menggunakan rotasi varimax dari 18 indikator yang masuk dalam rotasi faktor terdapat 3 faktor utama yaitu dari Community Support/Dukungan terhadap masyarakat, Environment/ Lingkungan, dan Product/ Produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 18 indikator dapat diterima. Hasil analisi regresi linier berganda menunjukkan bahwa ketiga CSR yaitu variabel dari Community Support/Dukungan terhadap masyarakat, Environment/ Lingkungan, dan Product/ Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Perusahaan (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 40,876, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 2,688. Hal tersebut berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersamasama terhadap Citra Perusahaan.