Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 yang Membeli Modem Merek Smartfren di Universitas Braw
Main Author: | PuspitoGriaRizkiArdia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115384/1/051202552.pdf http://repository.ub.ac.id/115384/ |
Daftar Isi:
- Modem Smartfren merupakan trend terbaru dalam menggunakan internet. Hal ini membuat orang yang mempunyai mobilitas tinggi dan membutuhkan akses internet dengan cepat modem Smartfren ini sangat membantu. Pentingnya program promosi pada sebuah perusahaan akan membantu terjadinya pengambilan keputusan konsumen .Penelitian ini memiliki latar belakang pemilihan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel bauran promosi yang terdiri dari Periklanan, Promosi Penjualan dan Public Relation baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian, serta mengetahui variabel mana (Periklanan, Promosi Penjualan dan Public Relation) yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 112 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesisi t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bebas meliputi Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), dan Public Relation (X3), berpengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 37,467 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 49,6%, sedangkan sisanya 50,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri (parsial) keempat variabel bebas yang meliputi Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), dan Public Relation (X3) tidak semuanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Promosi Penjualan (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y).