Pengaruh Persepsi atas Implementasi CRM Terhadap Motif Pembelian (Survei pada Mahasiswa/Mahasiswi Pengguna Kartu Selular Telkomsel di Lingkungan RW IV Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Malang

Main Author: Pratama, AldiYoga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115372/1/1._COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/2/Tanda_Persetujuan.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/3/Pernyataan_Orisinal.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/4/2._Pembuka_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/5/3._Bab_I_-_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/6/4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/115372/
Daftar Isi:
  • Customer Relationship Marketing merupakan sebuah upaya yang dilakukan perusahaan dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan, upaya tersebut dilakukan dengan tujuan untuk dapat menciptakan komunikasi yang baik antar pelanggan dan perusahaan, yang tentu akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan, karena perusahaan dapat mengetahui harapan dan keinginan dari pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Dalam penerapannya, program Customer Relationship Marketing membutuhkan sebuah persepsi dari pelanggan, karena pada dasarnya program CRM digunakan untuk pelanggan, jadi persepsi dari pelanggan sangat penting dalam penerapannya, karena pelangganlah yang akan merasakan manfaat dan kegunaan dari program CRM perusahaan. Persepsi pelanggan mengenai program CRM perusahaan dapat dilihat dari seberapa jauh pelanggan memberi Perhatian, Pemahaman dan Ingatan mengenai informasi atas program CRM perusahaan, dengan adanya Perhatian, Pemahaman, dan Ingatan dari pelanggan mengenai program CRM perusahaan diharapkan dapat memunculkan motif pembelian dalam diri pelanggan. Hal ini sesuai dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi yang terdiri dari Perhatian, Pemahaman, Ingatan atas implementasi CRM secara bersama-sama maupun parsial (sendiri-sendiri) terhadap motif pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari korelasi parsial dan regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji Hipotesis t. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas meliputi Perhatian (X1), Pemahaman (X2), Ingatan (X3) berpengaruh terhadap Motif Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai 22.264 dengan probabilitas F hitung sebesar 0.000 (p<0.05). besarnya kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama mempunyai pengaruh sebesar 0.463 atau 46,3 %, sedangkan sisanya 53,7 % merupakan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini dapat diketahui juga bahwa secara sendiri-sendiri (parsial) ketiga variabel bebas meliputi Perhatian (X1), Pemahaman (X2), dan Ingatan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motif pembelian (Y).