Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2

Main Author: Setyawan,AgusEko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115340/1/051202202.pdf
http://repository.ub.ac.id/115340/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel-variabel dalam Atribut Produk yang terdiri atas Kualitas (X1), Fitur (X2), Desain (X3), Harga (X4), dan Layanan Purna Jual (X5) terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y), serta untuk mengetahui variabel Atribut Produk yang memiliki pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan analisis kuantitatif dan metode survei. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) dengan penarikan sampel sebanyak 71 orang responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kelima variabel Atribut Produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Nilai F hitung sebesar 8,391 dan probabilitas 0,000 (sig < 0,05) dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,346 yang artinya Atribut Produk berpengaruh/dapat menjelaskan Struktur Keputusan Pembelian sebesar 34,6%, sedangkan sisanya sebesar 65,4% dipengaruhi/dapat dijelaskan oleh variabel di luar penelitian. Secara parsial variabel Kualitas (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian dengan nilai Beta sebesar 0,050, t hitung 0,390 < t tabel 1,997 dan probabilitas 0,698 (sig > 0,05). Variabel Fitur (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian dengan nilai Beta sebesar 0,092, t hitung 0,820 < t tabel 1,997 dan probabilitas 0,415