Daftar Isi:
  • Titik awal dari setiap pembelian adalah adanya kebutuhan atau keinginan. Konsumen akan membeli produk karena alasan-alasan tertentu, atau paling tidak adanya keyakinan bahwa kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan mempunyai nilai yang lebih besar dibanding biaya yang akan dikeluarkan. Variasi produk yang bermacam ditambah aktivitas promosi yang sangat persuasif dan harga SIM card (kartu telepon) untuk telepon seluler yang harganya murah dengan bonus yang tinggi, tentu akan mendorong munculnya perilaku perpindahan merek di kalangan konsumen. Bermacam stimulan yang disodorkan di pasar bukan saja mempengaruhi perilaku perpindahan merek tetapi juga mendorong perilaku mencoba produk baru bagi yang belum pernah mencobanya, dengan adanya dorongan Indosat yang tarifnya murah, harga voucer murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang, tidak menutup kemungkinan konsumen untuk berpindah ke merek Indosat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel mana sajakah yang mempunyai pengaruh pada Keputusan Perpindahan Merek. Penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah variabel Atribut Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Persediaan Produk (X 4 ), dan Pembelajaran (X 5 ) sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah Keputusan Perpindahan Merek (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010 yang menggunakan kartu telepon seluler dan melakukan perpindahan merek (brand switching) menuju ke Indosat . Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, antara lain Atribut Produk (X 1 ) sebesar 0,671, Harga (X 2 ) sebesar 0,962, Promosi (X 3 ) sebesar 1,092,Persediaan Produk (X 4 ) sebesar 0,579, dan Pembelajaran (X 5 ) sebesar 0,876. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Atribut Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Persediaan Produk (X 4 ), dan Pembelajaran (X 5 ) berpengaruh positif terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Apabila Atribut Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Persediaan Produk (X 4 ), dan Pembelajaran (X 5 ) meningkat maka akan diikuti peningkatan Perpindahan Merek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan dari variabel Atribut Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Persediaan Produk (X 4 ), dan Pembelajaran (X 5 ) secara simultan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y).Variabel Promosi (X 3 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Oleh karena itu, disarankan kepada Produsen kartu telepon seluler Indosat dapat mempertahankan serta meningkatkan kegiatan Promosinya.