Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang)

Main Author: Putri, RizkyaYudhana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115241/1/051201621.pdf
http://repository.ub.ac.id/115241/
Daftar Isi:
  • Salah satu sumber daya yang memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan sumber daya manusia yang telah memenuhi kualifikasi, dalam hal ini memiliki kinerja yang baik. Kinerja adalah prestasi kerja atau hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai sumber daya manusia persatuan periode waktu dalam melaksanakan tugas kerjanya dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Dimana, untuk meningkatkan kinerja tersebut diperlukan suatu daya dorong atau daya gerak yang disebut dengan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberian motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang dan untuk mengetahui peranan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan kepada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang. Terdapat dua fokus dalam penelitian ini, yaitu: Motivasi dan Kinerja Karyawan. Motivasi terdiri dari tiga aspek, antara lain: Kebutuhan Fisik dan Keselamatan kerja, Hubungan antar pribadi serta Pengakuan dan Aktualisasi diri. Sedangkan Kinerja Karyawan terdiri dari tiga aspek, yaitu: Kualitas kerja karyawan, Kuantitas kerja karyawan dan Ketepatan waktu kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan Instrumen penelitian yang dipakai adalah pedoman wawancara dan alat perekam. Terdapat dua kesimpulan dalam penelitian ini, antara lain: pertama, pelaksanaan pemberian motivasi pada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang, dalam rangka meningkatkan kinerja karyawannya telah berlangsung dengan baik, meliputi pemberian motivasi melalui: kebutuhan fisik dan keselamatan kerja, hubungan antar pribadi, pengakuan dan aktualisasi diri. Kedua, pemberian motivasi yang dilakukan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Ahmad Yani Malang, berperan dalam rangka meningkatkan kinerja dari para karyawannya yang meliputi: kualitas kerja karyawan, kuantitas kerja karyawan dan ketepatan waktu kerja Adapun saran yang diajukan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah agar perusahaan lebih tegas dan ketat dalam memberikan hukuman bagi karyawan yang tidak disiplin terhadap aturan perusahaan dan lebih memfasilitasi sarana dan prasarana serta pengkoordinasian karyawan yang baik dalam pemenuhan target perusahaan.