Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan yang diberikan Oleh Puskesmas (Studi pada Puskesmas Kecamatan Lamongan, KabupatenLamongan)

Main Author: Putri, NurdianaEka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115234/1/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/2/LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/3/PERNYATAAN_ORISINIL_%26_SURAT_PENELITIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/6/UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/4/RINGKASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/5/SUMMARY.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/7/KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/8/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/9/DAFTAR_TABEL.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/10/DAFTAR_GAMBAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/11/DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/13/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/12/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/14/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/15/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/16/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/18/LAMPIRAN_1.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/19/LAMPIRAN_2.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/20/LAMPIRAN_3.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/21/LAMPIRAN_4_%26_5.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/22/CURRICULUM_VITAE.pdf
http://repository.ub.ac.id/115234/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini berkenaan dengan hak asasi setiap manusia untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 pasal 28 H ayat (1) yang berbunyi " setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh kesehatan" . Pasal 34 ayat (3) menjelaskan bahwa " Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas umum yang layak ". Karena itu penyelenggara Negara berkewajiban untuk menyediakan pelayanan publik terkait dengan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang strategis di Indonesia adalah Puskesmas. Pelayanan kesehatan di puskesmas yang mudah dijangkau masyarakat menjadikan puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan yang utama bagi masyarakat. Namun banyak diantara masyarakat yang beralih pada pelayanan kesehatan dengan dokter praktek maupun rumah sakit swasta disekitarnya. Bagaimana persepsi masyarakat tentang pelayanan di puskesmas dan bagaimana penyelenggaraan kesehatan yang diberikan menjadi issue menarik dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas Kecamatan Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah "Purposive Sampling" untuk menentukan situasi dan informan awal. Dan selanjutnya menggunkan metode "jenuh" yakni berasal dari situasi dan infromasi awal yang akan berhenti apabila telah mendapatkan data represntatf dan data. Hasil penelitian ini adalah bahwa sebagian besar persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Lamongan cukup baik. Masyarakat masih menggunakan puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan walaupun di wilayah sekitar puskesmas telah banyak sarana kesehatan lainnya. Selain itu penyelenggaraan pelayanan yang ada di Puskesmas Lamongan dinilai masyarakat sudah cukup baik walaupun terkadang ada beberapa hal yang masih kurang misalnya terkadang terdapat keterlambatan poli untuk mengawali pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Dengan terselenggaranya pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang memadai maka dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang disediakan untuk masyarakat. Penelitian ini menyarankan agar kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di puskesmas Kecamatan Lamongan dapat terus ditingkatkan sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Dengan demikian maka amanat UUD pasal 28 ayat 1 dan UUD pasal 34 ayat 3 sebagaimana tersebut di atas dapat terpenuhi.