Evaluasi Sistem Dan Prosedur Pengajuan Dan Pembayaran Klaim Kecelakaan Diri (Personal Accident) Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Pt. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Malang
Main Author: | Khoiro,EvadaElUmmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115203/1/a_Cover.pdf http://repository.ub.ac.id/115203/5/b_motto.pdf http://repository.ub.ac.id/115203/2/b.2_tanda_persetujuan_skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/115203/3/b.3_tanda_pengesahan.pdf http://repository.ub.ac.id/115203/4/b.4_ringkasan.pdf http://repository.ub.ac.id/115203/ |
Daftar Isi:
- Semakin meningkatnya aktivitas manusia, dapat dilihat pentingnya peran asuransi dalam memberikan fungsi perlindungan serta rasa aman. Sebagai manusia biasa, sulit untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sehingga yang dapat dilakukan adalah mengantisipasi akibat yang muncul dari terjadinya risiko-risiko kecelakaan. Salah satu perusahaan asuransi yang menangani asuransi kecelakaan diri di Indonesia yaitu PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967. Kualitas jasa asuransi yang utama dilihat dari pelayanannya dalam menangani klaim, sehingga penting dilakukan evaluasi atas sistem dan prosedur penanganan klaim pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Malang Branch Office dalam upaya meningkatkan pengendalian intern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim kecelakaan diri ( personal accident ) telah dilaksanakan dengan baik oleh PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Malang Branch Office sebagai upaya meningkatkan pengendalian intern. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitiannya yaitu struktur organisasi, sistem dan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim, formulir yang digunakan, dan pengendalian intern yang diterapkan dalam sistem dan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim kecelakaan diri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa sistem dan prosedur yang diterapkan sudah cukup baik, namun dengan semakin meningkatnya aktivitas pembayaran klaim dan belum terdapat pemisahan fungsi antara fungsi penyimpanan dan pengeluaran kas (kasir) dengan fungsi akuntansi