Analisis Faktor Ekuitas Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Handphone Nokia di Malang Plasa)

Main Author: Arizky, SyahDianArief
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115157/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor Ekuitas Merek yang dipertimbangkan konsumen dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial faktor Ekuitas Merek (Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek) terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 136 orang responden yang merupakan pengguna handphone Nokia di Malang Plasa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental sampling. Hasil penelitian faktor Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung sebesar 57,606 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Terdapat empat faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, yaitu Faktor Loyalitas Merek dengan t hitung sebesar 8,147 dengan probabilitas 0,000. Faktor Asosiasi Merek t hitung sebesar 8,937 dengan probabilitas 0,000. Faktor Kesadaran Merek t hitung sebesar 7,386 dengan probabilitas 0,000. Faktor Persepsi Kualitas t hitung sebesar 5,433 dengan probabilitas 0,000. Dari keempat faktor, yaitu Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek yang mempunyai nilai beta tertinggi yaitu faktor Asosiasi Merek dengan nilai 1,962 dibandingkan dengan faktor lain. Hal ini berarti bahwa faktor Asosiasi Merek merupakan faktor yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini, semua faktor berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yaitu Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek. Oleh karena itu, disarankan kepada produsen handphone Nokia adalah Nokia perlu memfokuskan kebijakan pemasarannya pada usaha untuk mempertahankan atau memelihara serta meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek Nokia tersebut. Menjalin kedekatan dengan pelanggan serta menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan sangat perlu dilakukan oleh Nokia agar loyalitas konsumen terhadap produk merek Nokia selalu dapat dipertahankan. Salah satu cara menjalin kedekatan dengan pelanggan tersebut adalah dengan membentuk komunitas khusus pengguna Nokia dan mengadakan acara untuk komunitas tersebut secara rutin yang kemudian diikuti oleh promosi lebih dalam mengenai produk-produk merek Nokia agar pelanggan semakin loyal terhadap merek Nokia tersebut, Nokia harus selalu memahami keinginan konsumennya agar konsumen merasa puas dalam menggunakan handphone Nokia, sehingga akan tercipta loyalitas antara produsen dengan konsumen, dan inovasi produk seiring berkembangnya teknologi dan selera konsumen, mengingat semakin beragam dan banyak pesaing dalam industri telekomunikasi.